Analisa Pengaruh Eksentrisitas Pada Kekuatan Struktur Kaki Jack-Up Tipe Truss X Bracing 3 Chord Akibat Beban Gelombang

Indrawaty, Milka (2002) Analisa Pengaruh Eksentrisitas Pada Kekuatan Struktur Kaki Jack-Up Tipe Truss X Bracing 3 Chord Akibat Beban Gelombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4398100032-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4398100032-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini menganalisa pengaruh eksentrisitas kaki jack up tiga kaki tipe truss 3 chord dengan jenis X bracing. Jack up yang dianalisa merupakan jack up Dyvi Gamma yang beroperasi pada kedalaman 76,5 m di Laut Utara. Tugas akhir ini meneliti seberapa besar pengaruh eksentrisitas kaki jack up terhadap kekuatan struktur. Eksentrisitas terjadi akibat adanya pengaruh kondisi struktur yang relatif lentur dan juga didukung oleh adanya pengaruh beban gelombang pada saat penurunan kaki jack up ke dasar laut.
Analisa ini dilakukan melalui dua tahapan analisa yaitu analisa stick model yang bertujuan untuk menentukan gaya reaksi pada kaki. Tahapan yang kedua yaitu adalah analisa detailed model, pada analisa detailed model dilakukan anlisa pada struktur dengan pengaruh gaya-gaya yang dihasilkan pada analisa stick model. Proses analisa ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software StruCad*3D. Hasil dari analisa ini berupa tegangan struktur.
Berdasarkan analisa didapatkan bahwa eksentrisitas berpotensi memperbesar tegangan pada struktur. Kenaikan tegangan kombinasi pada Jack Up rata-rata adalah 21,18%. untuk setiap kenaikan indeks lingkungan. Jadi berdasarkan hasil analisa eksentrisitas pada kaki jack up sangat berpengaruh pada kekuatan struktur dilihat dari kenaikan harga tegangna pada member kritis.
============================================================
This Final Project was analyzing the strength of Jack Up Dyvi Gamma structure because the influence by Jack Up leg eccentricity. The structure operated in Norway, North Sea at 76,5 water depth. This Final Project determined the quality of influence of eccentricity due Jack Up strengthen and the effect of wave load when structure discharge to seabed and flexibility structure condition could make eccentricity. It carried out with two phase analysis, stick model is the first analysis and second analysis is detailed model.
In detailed model analysis was done by analyzing the result of stick model responses. Analysis process done with Structural software StruCad*3D. The result of this analysis are combine stress, axial stress, bending stress and unity check of critical member of jack up structure increasing. Combine stress increase approximately up to 21,18%for environmental indeks. Based onfinal result eccentricity of jack up leg have big effect to strength of structure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Ind a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:31
Last Modified: 04 Apr 2018 07:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51688

Actions (login required)

View Item View Item