Perencanaan Dan Pengendalian Sistem Perawatan Permesinan Kapal Penumpang Km. Leuser Di PT. Pelni

Semin, . (1996) Perencanaan Dan Pengendalian Sistem Perawatan Permesinan Kapal Penumpang Km. Leuser Di PT. Pelni. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4924200320-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4924200320-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Sistem permesinan pada suatu kapal merupakan sarana yang vital untuk operasionalnya. Mengingat adanya keterbatasan kemampuan pakai sistem permesinan, sedangkan disisi lain umur dan pemakaian yang tinggi, maka secara a/ami akan terjadi beberapa gangguan dan kerusakan dalam operasinya sehari - harL Untuk antisipasi menghadapi keadaan tersebut, perlu adanya tindakan perawatan terencana agar terjaga kontinyuitas kerja sistem permesinan, terencananya jumlah tenaga kerja yang dialokasikan, biaya optimal yang harus dikeluarkan dan jadwal perawatan yang tepat berdasarkan data pemeriksaan sebelumnya. Dalam penulisan ini sebagai model diamhil sistem permesinan di kapal penumpang KM. Leuser milik PT. Pelni, yang terdiri atas subsistem mekanik berjumlah 31 buah, subsistem elektrik berjumlah 95 buah, subsistem hidrolik berjumlah 132 buah dan subsistem pneumatik berjumlah 33 buah. Dengan perawatan yang dilakukan satu bulan sekali, akan dapat diketahui data jumlah permesinan yang rusak, waktu pemeriksaan dan waktu pelayanan perbaikan untuk masing - masing subsistem yang terjadi selama satu tahun perawatan. Selanjutnya dilakukan pengolahan data terhadap waktu pemeriksaan dan waktu pelayanan perbaikan untuk masing - masing subsistem. Dengan model antrian akan bisa diketahui jumlah tenaga kerja yang paling optimal untuk perawatan masing - masing subsistem.
Dari data lapangan diketahui besarnya biaya downtime untuk masing - masing subsistem. Dengan telah diketahuinya biaya downtime dan pemakaian jumlah tenaga kerja yang optimal, maka dengan memasukkan probabilitas transisi dan distribusi status baik, status gangguan dan status rusak ke dalam model biaya perawatan untuk masing - masing subsistem, akan diperoleh pula biaya total perawatan yang optimal selama satu tahun perawatan. Selanjutnya dengan metode Markov Chain dari probabilitas transisi dan distribusi status tersebut dapat diketahui ekspektasi lamanya waktu terjadinya proses peralihan dari status baik menjadi baik lagi, dari gangguan menjadi ga11gguan lagi dan dari rusak menjadi rusak lagi untuk setiap subsistem. Dengan tingkat operasi dan waktu perbaikan aktif terhadap kerusakan yang telah diketahui di atas, maka besarnya tingkat ketersediaan (availability) untuk setiap subsistem dapat diketahui

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.872 028 8 Sem p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:45
Last Modified: 04 Apr 2018 07:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51689

Actions (login required)

View Item View Item