Analisa Laju Korosi Stainless Steel E 304 Akibat Pengaruh Derajat Keasaman Pada Media Kalium Klorida (KCI)

Sulistiyono, Arief (1999) Analisa Laju Korosi Stainless Steel E 304 Akibat Pengaruh Derajat Keasaman Pada Media Kalium Klorida (KCI). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4193100040-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4193100040-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Korosi dapat diartikan sebagai kerusakan dari material akibat terjadinya reaksi dengan lingkungannya yang didukung oleh faktor~faktor tertentu. Peristiwa korosi ini dapat tetjadi di mana saja, baik di material besi ataupun non besi. Dari reaksi korosi yang terjadi, dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan pada material, sehingga dapat mengakibatkan keruf:,rian baik bagi pemiliknya atau pemakainya. Maka dari itu, berkenaan dengan permasalahan yang ada,disini penulis akan melakukan mengujian tentang pencegahan korosi atau penghambatan terhadap laju korosi dengan melakukan penempelan logam aktif pada pennukaan logam dasar melalui proses elektrokimia, yang selanjutnya proses terse but disebut sebagai proteksi katodik. Proses percobaan i.ni dilakukan dengan cara menempelkan logam lain yang mempunyai potensial yang lebih tinggi pada logam dasar, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai pelindung ( proteksi ) bagi logam dasar dari proses korosi tersebut. Dalam percoabaan ini dilakukan dengan melakukan proteksi melalui dua buah logam, yaitu logam zeng ( Zn ) dan aluminium ( AI ) dalam suatu larutan yang mempunyai derajat keasaman yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Sul a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:08
Last Modified: 06 Apr 2018 02:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51700

Actions (login required)

View Item View Item