Analisa Resiko Secara Kualitatif Dan Semikuantitatif Pada Peralatan Statis: Studi Kasus Separator Di Lapindo Brantas Inc.

Sasono, Harinto Panji (2005) Analisa Resiko Secara Kualitatif Dan Semikuantitatif Pada Peralatan Statis: Studi Kasus Separator Di Lapindo Brantas Inc. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4399100027-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4399100027-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

lnspeksi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mendeteksi dan mengevaluasi kemungkinan adanya kerusakan atau penurunan kualitas akibat beroperasinya suatu peralatan. Metode RBI adalah salah satu jenis metode pengelolaan inspeksi yang didasarkan pada tingkat resiko pengoperasian sebuah peralatan atau unit kerja industri. Metode Risk Based Inspection memakai pendekatan kombinasi dua parameter, yaitu: kategori kemungkinan kegagalan dan kategori konsekuensi kegagalan. Studi kasus penentuan tingkat resiko menggunakan metode RBI dilakukan pada bejana tekan pada perusahaan Lapindo Brantas Inc. Tipe peralatan yang dianalisa seperti : Lean Glycol Cooler, Glycol Exchanger Shell, Glycol Exchanger Tube, Glycol Contactor, Glycol Scrubber, Glycol Flash Separator. Hasil yang didapatkan untuk analisis menggunakan metode kualitatif untuk semua peralatan adalah Lean Glycol Cooler (Resiko Rendah), Glycol Exchanger Shell (Resiko Menengah), Glycol Exchanger Tube (Resiko Rendah), Glycol Contactor (Resiko Rendah), Glycol Scrubber (Resiko Rendah), Glycol Flash Separator (Resiko Rendah). Hasil analisis menggunakan metode semi kuantitatif untuk semua peralatan yang dianalisis adalah: Lean Glycol Cooler (Resiko Menengah Tinggi), Glycol Exchanger Shell (Resiko Tinggi), Glycol Exchanger Tube (Resiko Tinggi), Glycol Contactor (Resiko Menengah), Glycol Scrubber (Resiko Menengah), Glycol Flash Separator (Resiko Menengah Tinggi). Dengan demikian dapat dilakukan tindakan risk control dari pihak yang bersangkutan agar produktifitas perusahaan dapat berjalan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 363.102 Sas a
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:48
Last Modified: 09 Apr 2018 08:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51720

Actions (login required)

View Item View Item