Pemrograman Komputer Perhitungan Gerak Kapal Dan Beban Perairan

Dindin, Imanuel (1996) Pemrograman Komputer Perhitungan Gerak Kapal Dan Beban Perairan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4191100002-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Perhitungan gerak kapal dan beban hidrodinamik dialami bagian tercelup sebuah kapal atau bangunan lain pada perairan, dapat dilakukan dengan percobaan model atau perhitungan numerik Hasil perhitungan ini sangat diperlukan terutama pada saat perencanaan awal sebelum kapal mulai dibangun. Percobaan model memberikan hasil memuaskan tetapi maha) dan tidak efisien pada tahap awal perencanaan, terutama untuk mengadakan perubahan bentuk dan ukuran guna memperoleh parameter yang optimal yang diperlukan dalam perencanaan sebuah bangunan di atas air. Metode numerik sebagai alternatif yang rnurah dan mudah, yang dapht memberikan hasil yang mendekati hasil percobaan model, dan dapat dilakukan perubahan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Metode numerik, dilakukan dengan menggunakan strip theory dan metode close fit source distribution untuk rnenyelesaikan masalah dua dimensi potongan pada strip theory. Untuk pemrograman komputer dalam tugas akhir ini digunakan metode close-fit source distribution yang dikembangkan oleh W. Frank. Program ini menghitung gerak kapal dalam enarn derajat kebebasan, beban gelombang dan distribusi tekanan pada sebuah kapal yang berjumpa gelombang regular dengan kecepatan konstan dan sudut sembarang. Dalam tugas akhir ini pemrograrnan bersifat menulis kembali dari Bahasa FORTRAN IV ke dalam program dengan bahasa BORLAND PASCAL 7.0. Pemrograman ini akan mcmberikan keluaran yang sama dengan hasil program sebetumnya untuk kapal yang sama, sehingga program ini dapat digunakan sesuai dengan program sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.88 Din p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Apr 2018 08:43
Last Modified: 12 Apr 2018 08:43
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/51744

Actions (login required)

View Item View Item