Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Segmentasi Citra Multi Tekstur Dengan Menggunakan Filter Gabor

Laela, Nurifatul (2000) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Segmentasi Citra Multi Tekstur Dengan Menggunakan Filter Gabor. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2693100050-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2693100050-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Segmentasi citra adalah proses membagi suatu citra ke dalam obyekobyek tertentu berdasarkan suatu kriteria keseragaman tertentu. Dalam sebuah proses analisis citra, segmentasi merupakan salah satu komponen yang sangat penting, karena obyek-obyek dalam citra akan digunakan dalam proses lebih lanjut, seperti interpretasi atau pengenalan pola. Pada banyak aplikasi, citra
disegmentasi berdasarkan intensitas, tetapi tidak semuanya memberikan hasil yang memiliki tingkat kesalahan kecil. Hal ini bisa dimengerti, sebab pada kenyataannya tidak semua obyek memiliki permukaan yang rata, tetapi juga memiliki permukaan bertekstur. Untuk membentuk pola tertentu dari citra bertekstur, dapat digunakan pendekatan spektral yang didasarkan pada sifat-sifat spektrum Fourier. Penggunaan filter pada sebuah citra merupakan mekanisme yang umum digunakan untuk menepis atau mengurangi bagian yang tidak diperlukan dari spektrum dan memperkuat bagian yang diperlukan. Filter yang melewatkan suatu rentang frekuensi yang memiliki batas frekuensi rendah dan tinggi dan menepis rentang frekuensi di luarnya dinamakan dengan filter bandpass. Filter Gabor merupakan sebuah filter bandpass dengan respon impuls diperoleh dari perkalian fungsi Gaussian dengan bilangan kompleks. Penggunaan filter ini pada sebuah citra akan membentuk pola-pola spektrum dari tekstur yang selanjutnya digunakan untuk proses pengelompokan. Pengelompokan dilakukan dengan pendekatan statistika menggunakan model statistika Gaussian. Pada tugas akhir ini dibuat sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelompokkan citra berdasarkan perubahan tekstur tertentu. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan proses pemfilteran citra dengan filter Gabor. Dengan melakukan proses pemfilteran tersebut, akan diperoleh pola-pola yang khas dari sebuah citra sehingga memudahkan dalam mengelompokkan citra berdasarkan kelas-kelas tekstur tertentu. Hasil yang memuaskan akan diperoleh apabila parameter filter yang digunakan untuk membentuk filter Gabor memiliki ketelitian dalam menangani kesalahan pengelompokan. Dan kemampuan filter ini untuk diterapkan pada citra dengan karakteristik halftone, merupakan sebuah kelebihan yang bisa dikembangkan dalam analisis citra lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Lae p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:14
Last Modified: 30 Apr 2018 08:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item