Analisa Silinder Yang Mengalami Cacat Lokal DENT Berbentuk Baji Terhadap Kelelahan

Prayogi, Willy (2000) Analisa Silinder Yang Mengalami Cacat Lokal DENT Berbentuk Baji Terhadap Kelelahan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4392100013-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4392100013-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya cacat penyok pada kaki jacket, maka jacket harus dianalisa ulang. Pada beberapa jumai penelitian penentuan kekuatan siiinder yang cacat lokal, dilakukan dengan anaiisa statis. Namun beban lingkungan menimpa Bangunan Lepas Pantai merupakan beban dinamis. Untuk itu perlu juga diketahui kapasitas struktur ditinjau dari segi kelelahan.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan perhitungan untuk kelelahan silinder cacat berdasarkan anaiisa ke/elahan dan kekuatan Ultimatenya berdasarkan anaiisa statispada berbagai variasi rasio kedalaman cacat terhadap ketebalan silinder cacat. Silinder cacat yang dianaiisa merupakan bagian dari kaki jacket platformESTA. Bentuk cacat adalah bentuk baji, dimana bagian siiinder cacat yang dianalisa adalah pada titik terdaiam dari kedaiaman cacat. Pada analisa kelelahan beban yang diperhitungkan adaiah beban gelombang kondisi operasional. Sedangkan dalam analisa Statis untuk mengitung kekuatan Ultimate, beban yang diperhitungkan adalah beban gelombang konsisi badai dan beban deck serta struktur di atasnya Dalam analisa keielahan residual stress akibat terjadinya cacat penyok diabaikan Untuk menghitung keieiahan digunakan metode dan rumus Miner-Paigmen Sedangkan untuk menghitung kekuatan Ultimate silinder cacat daiam analisa statisdigunakan metode integrasi numerik [J Taby and T. Moan, 1981].
Seiring dengan meningkatnya rasio kedalaman cacat terhadap ketebalansilinder cacat, kerusakan keie/ahan meningkat secara eksponensial. Dari hasil akhirtemyata dapat ditarik kesimpulan bahwa kekuatan silinder kaki jacket yang mengalami cacat lokal dent dengan prosedur analisa statis akibat beban gelombang kondisi badai dan beban deck lebih rendah dibanding kekuatan silinder kaki jacket yang mengaiami cacat lokal dalam menahan beban geiombang kondisi operasional berdasarkan prosedur analisa kelelahan selama umur operasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Pra a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 May 2018 07:17
Last Modified: 14 May 2018 07:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51862

Actions (login required)

View Item View Item