Studi Tentang Pengaruh Pemotongan Pelat Dengan Mesin NC Plasma Terhadap Sifat Mekanis Dan Deformasi

Fahruri, Zamzam (1996) Studi Tentang Pengaruh Pemotongan Pelat Dengan Mesin NC Plasma Terhadap Sifat Mekanis Dan Deformasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4914100391-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4914100391-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemakaian mesin-mesin otomatis dalam industri perkapalan, terutama bidang bangunan baru sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas galangan, mutu fisik kapal, dan mempersingkat waktu pembangunan kapal. Akan tetapi, dalam proses pemotongan material dengan mesin NC plasma ini akan tetap berpengaruh terhadap sifat -sifat mekanis dan fisisnya. Karena akan mengakibatkan terjadinya perubahan struktur kristal sesuai dengan sifat masing-masing struktur kristal material tersebut. Adanya transformasi yang terjadi antar struktur kristal akan diikuti perubahan sifat mekanis dan fisis dari material, sehingga secara fisis akan terjadi perubahan dimensi dart material. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mengetahui besamya pengaruh pemotongan dan kelayakan hasil potongan sehingga dapat digunakan dalam pembangunan kapal maka dilakukan penelitian untuk menganalisa sifat mekanis dan deformasi dari material terpotong. Untuk mendukung penelitian ini maka diadakan pengujian yang mencakup pengujian tarik, bending, impact, dan pengukuran deformasi. Data hasi/ pengujian ini akan memberikan gambaran tentang sifat mekanis dan deformasi dari material yang dipotong dengan mesin NC plasma. Selain itu, dalam tugas akhir ini akan dianalisa pula tingkat akurasi dari mesin NC plasma ini, karena dalam kenyataannya mesin ini banyak digunakan untuk memotong pelat dengan ketebalan yang berbeda-beda serta menghasilkan bentuk yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.843 Fah s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 May 2018 08:12
Last Modified: 14 May 2018 08:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51868

Actions (login required)

View Item View Item