Analisa Kemampuan Proses Produksi Kaca Dengan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT. Asahimas Flat Glass Tbk)

Agustiningrum, Dian (2005) Analisa Kemampuan Proses Produksi Kaca Dengan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT. Asahimas Flat Glass Tbk). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1201100001.pdf]
Preview
Text
1201100001.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kemampuan proses merupakan suatu ukuran kinerja kritis yang menunjukkan proses mampu menghasilkan produk sesuai dengan spesifikasi produk yang ditetapkan oleh manajemen berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kemampuan proses untuk data variabel dapat ditunjukkan dengan nilai Cp dan sedangkan untuk data atribut ditunjukkan dengan kapabilitas sigma. Sebagai perusahaan produsen dan supplier kaca bagi perusahaan-perusahaan besar, PTAsahimas Flat Glass Tbk mempunyai komitmen untuk menghasilkan kaca dengan kualitas tinggi untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Masalah kualitas berkaitan erat dengan variasi proses dan deftct. Kualitas kaca yang bagus adalah kaca dengan jumlah deftct dan variasi proses yang kecil. Dalam penelitian ini dilakukan implementasi six sigma dengan siklus DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improvement and Control) yang akan memberikan langkah perbaikan (improvement action plan) untuk mengurangi defect pada kaca.
Dari hasil penelitian untuk data variabel diperoleh kemampuan proses masing-masing karakteristik kualitas sudah diatas 1, artinya proses sudah mampu memenuhi spesifikasi yang ditentukan, dengan tingkat kapabilitas sigma 6 sedangkan untuk data atribut diperoleh defect terbesar adalah buble dengan tingkat kapabilitas sigma 3,6. Langkah perbaikan yang diusulkan adalah memperbaiki proses cutting dan melting. Dengan menerapkan improvement diharapkan deftct berkurang. Sehingga DPMO turun dan kapabilitas sigma meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 519.86 Agu a
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 May 2018 03:43
Last Modified: 18 May 2018 03:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51905

Actions (login required)

View Item View Item