Pemodelan Dan Analisa Pengaruh Damper Asimetrik Terhadap Kualitas Kenyamanan Kendaraan

Setiawan, Listy Fazria (2015) Pemodelan Dan Analisa Pengaruh Damper Asimetrik Terhadap Kualitas Kenyamanan Kendaraan. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100180-Undergraduate Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh karakteristik asimetrik damper pada kualitas kenyamanan penumpang pada mobil yang tipikal. Termotivasi oleh kebutuhan untuk menemukan cara yang efektif namun ekonomis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penumpang, penelitian ini disimulasikan dengan menggunakan data damper asimetrik yang sebenarnya pada mobil penumpang yang tipikal (model mobil seperempat) untuk mengevaluasi kualitas kenyamanannya. Karakteristik damper asimetrik ditunjukkani dengan menggunakan dua konstanta sebagai koefisien redaman, satu ketika suspense sedang kompresi dan satu lagi ketika suspensi perpanjang. Input transien adalah fungsi dari parameter keparahan, γ yang mewakili keparahan impak, sedangkan input sinusoidal adalah fungsi dari kecepatan kendaraan. Rasio asimetri juga divariasikan untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap tingkat kenyamanan berkendara akibat sistem asimetris. Dengan berbagai input jalan, variasi parameter keparahan, rasio asimetri serta kecepatan kendaraan, indeks performa dan nilai root-mean-square (RMS) percepatan massa mobil dapat dihitung sehingga efektivitas sistem asimetris dapat iv dinilai dengan menggunakan ISO 2631-1 sebagai tolak ukur kualitas kenyamanan penumpang. Performa kendaraan selama situasi impak berbanding lurus dengan kedua rasio asimetri dan rata-rata, meskipun tidak diketahui oleh berapa banyak masing-masingnya. Namun, perbandingan antara sistem simetris dan asimetris menunjukkan bahwa sistem asimetris, dengan rasio asimetri atas 1, cenderung memiliki performa yang lebih halus dan progresif. Kecenderungan ini meningkat dengan meningkatnya parameter keparahan Analisis pada input sinusoidal menunjukkan bahwa rasio asimetri tidak memengaruhi peforma kendaraan, hanya rata-rata asimetri saja yang memengaruhi. Pada kecepatan resonansi, model mobil seperempat menunjukkan bahwa semakin tinggi rata asimetri, semakin bagus performa kendaraan. Pada kecepatan lainnya, model mobil seperempat menunjukkan bahwa performa lebih rendah dengan meningkatnya rata-rata asimetri. ======================================================================================================== This research focuses on the influence of asymmetrical characteristics of dampers on the ride quality of a typical passenger car. Motivated by the necessity to find effective yet economical ways to improve ride comfort for passengers, this research simulated real asymmetrical damper data to a typical passenger car (quarter car model) in order to evaluate its ride quality. The nonlinear asymmetric dampers are conveniently characterized by two constants viscous damping terms, one for compression and another for extension. Transient inputs are functions of severity parameter, γ that represent severity of impact, while the sinusoidal input is a function of vehicle velocity. The asymmetry ratio is also varied to assess its influence on the apparent improvement in comfort provided by the asymmetrical system. With different standard road inputs, variation of severity parameter, the asymmetry ratios as well as the velocity of the vehicle, performance indices and root mean square (RMS) values of acceleration of the sprung mass in respect to vehicle velocity are also derived so that the efficacy ii of the asymmetrical systems can be assessed using ISO 2631-1 as a measurement of evaluating passenger comfort. Vehicle performance during impact situations is directly proportional to both asymmetry ratio and average, although it is unknown by how much to each. However, comparison between the symmetrical and asymmetrical systems showed that the asymmetrical system, with asymmetry ratio above 1, tends to have a smoother and more progressive performance. This tendency increases with larger severity of impacts. Analysis under steady-state input showed that asymmetry ratio does not influence the vehicle performance, only the asymmetry average does. At the resonant velocity, the quarter car model shows that the higher the asymmetry average, the higher is the performance of the vehicle. At any other velocity, the quarter car model shows that the performance is lower the higher the asymmetry average.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Set p
Uncontrolled Keywords: pemodelan, redaman asimetris, respon dinamis kendaraan, sistem suspensi, kenyamanan berkendara
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:53
Last Modified: 06 Jun 2018 06:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/51998

Actions (login required)

View Item View Item