Analisa Tenaga Penggerak Sistem Bow Thruster Pada Kapal United Tankers

Suparno, . (1996) Analisa Tenaga Penggerak Sistem Bow Thruster Pada Kapal United Tankers. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4914200296-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4914200296-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pembangunan kapal dewasa ini maju sangat pesat, sehingga mampu di produksi kapal_kapaldengan ukuran, bentuk, dan kecepatan yang besar. Salah satu contohnya di sini adalah kapal super tangker. Tetapi salah satu akibat dari pembangunan kapal dengan ukuran yang besar adalah mun:ulnya efak bentuk lam bung yang akan menuntut persyaratan operasi kapal yang bertambah. Disamping efek bentuk lambung, kappa-kapal yang besar pada waktu melewati daerah pelayaran yang sempit, misalnya : pelabuhan, selat dan kanal c:lengan klcepatan yang rendah mengalami usulan untuk melewatinya, kapal tk:lak mampu merapat sampai ~ tepi atau meninggalkan pelabuhan c:lengan sempuma. Hal ini dikarenakan kap81 pada kecepatan rendah aliran air yang terhisap oleh propeller dan melewati daun ~ mudi kecepatannya rendah sehingga thrustnya tk:lak men:ukupi untuk keperluan manwer. Kecepatan kapal no I at au rendah menjadikan fungsi dari daun ~ mudi tk:lak efaktif lagi, untuk meningkatkan ~ mampuan manuwr kapal terse but di perlukan peralatan manwer tambahan. 8anyak jenis dan tipe dari peralatan manwer tambahan. Sow thruster dan stern thruster mampu menambah ~ mampuan manwer kapal pada saat-saat kecepatan kapal no I atau pada kecepatan yang rendah. Dari banyaknya jenis dan tipe peralatan manwer tambahan, dalam membangun kapa~kapal baru perlu peren:anaan dan pemilihan yang tepat sehingga dk:lapatkan instalasi yang effiSien dan mampu beroperasi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.824 5 Sup a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 29 Jun 2018 06:20
Last Modified: 29 Jun 2018 06:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52065

Actions (login required)

View Item View Item