Evaluasi Kinerja Trayek Lyn BJ Jurusan Terminal Benowo Jembatan Merah Plaza Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur

Saputro, Romi Eko (2018) Evaluasi Kinerja Trayek Lyn BJ Jurusan Terminal Benowo Jembatan Merah Plaza Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111715000005-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10111715000005-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Angkutan umum perkotaan adalah salah satu kendaraan
yang dibutuhkan oleh masyarakat , seperti Lyn Bj (Terminal
Benowo – Jembatan Merah Plaza) . Akan tetapi Lyn yang
beroperasi di Surabaya kebanyakan milik perseorangan,
sehingga keberangkatanya sangat tidak menentu dan jadwal
diatur sendiri oleh supir yaitu dengan menunggu lyn tersebut
penuh terlebih dahulu, dan waktu tempuh menjadi lama
dengan seiring memenuhi lyn tersebut, Sehingga sangat
mempengaruhi kinerja Lyn Bj pada tahun 2018 sampai
dengan tahun 2023.
Untuk menentukan Kinerja trayek atau pola pergerakan
perjalanan (trip distribusi) penumpang pada tahun 2023
mendatang diprediksi menggunakan metode furness dalam
bentuk Matriks Asal Tujuan (MAT) dan model Analogi
Fluida.
Hasil dari analisis kinerja Lyn Bj tahun 2018 dan pada
tahun 2023 ditentukan load factor sebesar 0.5 agar kedua
belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Besarnya Nilai
iii
load factor mempengaruhi headway dan jumlah armada lyn
BJ. Tahun 2018 kebutuhan kendaraan dengan load factor 0.5
adalah 152 kendaraan dengan headway 9 menit pada hari
aktif dan 255 kendaraan dengan headway 5 menit pada hari
libur. Sedangkan pada 5 tahun kedepan yaitu tahun 2023
berjumlah 141 kendaraan dengan headway 9 menit pada hari
aktif dan 200 kendaraan dengan headway 7 menit pada hari
libur. Kenyataannya sesuai ijin trayek terdapat armada
sebanyak 140 unit sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah
armada Lyn Bj belum mencukupi.
==========================================================================================================
Urban public transportation is one of the vehicles needed by the community, such as Lyn Bj (Terminal Benowo - Jembatan Merah Plaza). However, Lyn, who operates in Surabaya, is mostly owned by an individual, so the departure is very uncertain and the schedule is arranged by the driver by waiting for the full lyn first, and the travel time becomes long with the lyn, so it affects Lyn Bj's performance in the year 2018 to 2023.

To determine the performance of passenger trajectory or
passenger trip motion in 2023 is predicted to use furness method in the form of Destination Matrix of Destination (MAT) and Fluid Analogue model.

The results of Lyn Bj's performance analysis in 2018 and in 2023 determined the load factor of 0.5 so that both parties no one feels aggrieved. The amount of load factor affects the headway and the number of BJ lyn's fleet. By 2018 the need for vehicles with a load factor of 0.5 is 152 vehicles with a 9 minute headway on active day and 255 vehicles with a 5 minute headway on holiday. While in the next 5 years is the year 2023 amounted to 141 vehicles with 9 minutes headway on active day and 200 vehicles with 7 minutes headway on holiday. The fact is according to the route permit there is a fleet of 140 units so it can be concluded that the number of Lyn Bj fleet is not sufficient.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIS 388.413 12 Sap e-1 3100018075523
Uncontrolled Keywords: angkutan umum perkotaan, model analogi fluida, metode furness, urban public transport, fluid analogy model, furness method
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Romi Eko Saputro
Date Deposited: 01 Aug 2018 13:50
Last Modified: 09 Oct 2020 01:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52271

Actions (login required)

View Item View Item