Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor BLDC menggunakan Metode Fuzzy – PID Controller untuk aplikasi sepeda motor listrik

Wahyudi, Agus Try (2018) Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor BLDC menggunakan Metode Fuzzy – PID Controller untuk aplikasi sepeda motor listrik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000139-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111440000139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemanasan global menjadi topik pembahasan yang sangat penting didalam pengendalian polusi akibat emisi kendaraan bermotor. Solusi yang sangat menjanjikan untuk dapat mengurangi permasalahan ini yaitu dengan segera beralih ke kendaraan listrik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sedang mengembangkan Garasindo Electric Scooter ITS (GESITS). Hal ini merupakan langkah nyata yang telah dirintis sejak tahun 1985. GESITS menggunakan penggerak berupa motor BLDC (Brushless Direct Current motor). Motor ini merupakan salah satu jenis motor yang mempunyai keandalan dan efisiensi yang tinggi, kinerja yang bagus serta torsi yang besar. Teknik pengemudiannya tidak begitu mudah karena diperlukan rangkaian elektronik yang lebih kompleks daripada menggunakan jenis motor yang lainnya. Untuk itu dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk mendesain rangkaian kontrol motor BLDC dengan menggunakan Fuzzy logic controller (FLC), dimana kontroler ini dibuat agar dapat meningkatkan respons kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan kontroler PID, sehingga mampu untuk mengatasi masalah – masalah pada sistem yang tidak linear.
Dari hasil simulasi didapatkan bahwa pada kecepatan 1000 RPM dengan beban 2 N.m error steady state dari Fuzzy PID Controller sebesar 0.005% dan response time sebesar 0.645 detik sedangkan kontroler PID sebesar 0.035% dengan response time sebesar 0.64536 detik. Ketika kecepatannya bervariasi kedua kontroler dapat mengikuti referensi yang diberikan, namun error steady state dari kontroler PID nilainya lebih besar daripada Fuzzy – PID Controller. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kontroler Fuzzy – PID jauh lebih baik daripada kontroler PID. =========== Global warming is becoming a very important discussion topic in the pollution control resulting from motor vehicle emissions. A very promising solution to this problem could reduce by immediately switching to electric vehicles. Ten November Institute of technology (ITS) Surabaya is developing Garasindo Electric Scooter ITS (GESITS). This is a real step that has pioneered since the year 1985. GESITS use the activator in the form of motor BLDC (Brushless Direct Current motor). This bike is one type of motor that has the reliability and high efficiency, good performance and torque. The technique of pengemudiannya is not so easy because of the required electronic circuits is more complex than using this type of motor. For that in this study, the authors try to design a series of motor control BLDC by using Fuzzy logic controller (FLC), where the controller has been created in order to increase the response speed is better compared to the controller of PID, so being able to resolve the problem – a problem on systems that are not linear.
From the results obtained by simulation at a speed of 1000 RPM with a load of 2 N. m steady state error of a Fuzzy PID Controller of 0,005% and a response time of 0645 seconds while controller of PID 0035% with response time of 0.64536 seconds. When its velocity varies both controllers can follow the references provided, but steady state error of a PID controller value is greater than the Fuzzy PID Controller. So it can be inferred that the Fuzzy PID controller – much better than controllers PID.

Keywords: BLDC, Fuzzy-PID Controller, PID Control, Matlab-Simulink.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BLDC, Fuzzy-PID Controller, Kontrol PID, Matlab-Simulink, Fuzzy-PID Controller,PID Control, Matlab-Simulink.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agus Try Wahyudi
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:07
Last Modified: 24 Jan 2021 12:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52418

Actions (login required)

View Item View Item