Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Pada Jalan Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Pada STA 4+650 S.D 7+650

Bamaska, Bagas and Berlianando, Danar (2018) Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Pada Jalan Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Pada STA 4+650 S.D 7+650. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
10111500000002_10111500000003-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk serta kemajuan pembangunan yang sangat pesat mengakibatkan meningkatnya lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga diperlukan penambahan ataupun pelebaran jalan, salah satu contohnya adalah di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo. Jalan ini sering kali mengalami kerusakan karena besarnya volume kendaraan berat yang ada tetapi tidak didukung oleh kekuatan jalan. Pada Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Pada jalan Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Pada STA 4+650 sampai dengan 7+650 direncanakan dengan desain umur rencana (UR) 20 tahun. Permasalahan yang dihadapi adalah pembebasan lahan serta pengalihan lalu lintas kendaraan berat yang padat. Perencanaan peningkatan jalan ini direncanakan dengan menggunakan perkerasan kaku tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan. Metode yang diigunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan menggunakan MKJI tahun 1997, perhitungan perkerasan kaku menggunakan petunjuk perencanaan tebal perkerasan kaku jalan (PdT - 14 – 2003). Perhitungan perencanaan drainase menggunakan pedoman tata cara perencanaan drainase permukaan jalan SNI 03 - 3424- 1994. Perhitungan rencana anggaran biaya dilakukan sesuai dengan analisa harga satuan pokok tahun 2016, pembaruan III. Hasil analisa geometrik yang dilakukan, bahwa pada lengkung horizontal pada setiap tikungan mempunyai jari-jari yang lebih kecil dari jari-jari minimum sehingga perlu adanya desain ulang. Perencanaan peningkatan Jalan Lingkar Timur Sidoarjo menggunakan perkerasan kaku tipe Beton semen Bersambung Tanpa Tulangan, dengan mutu beton K-350 untuk lapisan perkerasan kaku, setebal 30 cm. Sambungan yang digunakan berupa Tie bar dengan diameter 19 mm dan panjang 780 mm untuk sambungan memanjang dan Dowel dengan diameter 38 mm dengan panjang 450 mm untuk sambungan melintang, tanpa ruji. Perencanaan saluran tepi drainase menggunakan U-ditch berukuran 140 cm x 140 cm. Hasil perhitungan analisa kapasitas jalan yang direncanakan adalah 4/2UD dengan lebar 3,5 m per lajur dan diperoleh nilai DS sebesar 0.64 hingga tahun 2039. Hasil perhitungan Rencana Anggaran Biaya diperlukan sebesar Rp 73.154.544.445,11 (terbilang : Tujuh Puluh Tiga Milyar Seratus Lima Puluh Empat Juta Lima Ratus Empat Puluh Empat Ribu Empat Ratus Empt Puluh Lima koma Sebelas Rupiah). ================================================================================================= Population growth and rapid development progress resulted in increased traffic in Sidoarjo regency. So that required addition or widening of road, one example is in East Ring Road Sidoarjo. This road is often damaged by the large volume of existing vehicles but is not supported by the power of the road. On Road Enhancement Planning On East Ring Road of Sidoarjo Regency, East Java Using Rigid Pavement At STA 4 + 650 up to 7 + 650 is planned with 20 years design life plan (UR). Problems encountered are land acquisition and heavy traffic diversion of heavy vehicles. Planning improvement of East Ring Road of Sidoarjo is planned by using a rigid pavement type Concrete cement Concrete Without Reinforcement. The methods used in this road planning include road capacity analysis using MKJI 1997, rigid pavement calculations using the rigid pavement thickness planning guidelines PdT - 14 - 2003). Calculation of drainage planning using guideline of drainage road planning procedure SNI 03 - 3424 - 1994. The calculation of cost budget plan is done in accordance with the analysis of unit price of 2016, renewal III. The result of geometric analysis is done, that at the horizontal curve at each bend has radius smaller than the minimum radius so that there is need of redesign. Planning improvement of East Ring Road of Sidoarjo using rigid pavement type Concrete cement Continue Without Reinforcement, with K-350 concrete quality for rigid pavement layer, as thick as 30 cm. The connection used is a Tie bar with a diameter of 19 mm and a length of 780 mm for longitudinal connections and Dowel with a diameter of 38 mm with a length of 450 mm for transverse, untraceable joints. Drainage drainage channel planning using U-ditch measuring 140 cm x 140 cm. The result of calculation of planned road capacity analysis is 4 / 2UD with width 3.5 m per lane and obtained DS value equal to 0.64 until 2039. The calculation result of Budget Plan is required equal to Rp 73.154.544.445,11 (calculated: Seventy Three Billion Hundred Fifty Four Million Five Hundred Forty Four Four Thirty Four Hundred and Fifty Five Comma Eleven Rupiahs).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkar Timur, Perkerasan Kaku, Sidoarjo, STA 4+650 , STA 7+650
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Bamaska Bagas
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:28
Last Modified: 09 Aug 2021 22:09
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/52691

Actions (login required)

View Item View Item