Perencanaan Penerapan Electronic Road Pricing (ERP) Pada Jalan Medan Merdeka Barat - Jakarta

Leandro, Alfrico (2018) Perencanaan Penerapan Electronic Road Pricing (ERP) Pada Jalan Medan Merdeka Barat - Jakarta. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100132-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
3114100132-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Provinsi DKI Jakarta adalah provinsi dengan kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia dengan populasi 10.177.924 jiwa pada tahun 2015. Kepadatan penduduk yang tinggi di Provinsi DKI Jakarta menyebabkan aktivitas dan perpindahan masyarakat meningkat, namun belum didukung dengan kapasitas jalan yang cukup serta moda transportasi umum massal yang memadai. Kurangnya kapasitas jalan serta transportasi umum yang memadai menyisakan suatu permasalahan yaitu kemacetan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan yaitu dengan penggunaan jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP).
Studi perencanaan akan dilakukan di Jalan Medan Merdeka Barat – Jakarta. Pemilihan Jalan Medan Merdeka Barat beralasan bahwa jalan ini dilalui oleh jalur TransJakarta koridor 1 (rute Blok M - Kota) sehingga diharapkan para pengguna kendaraan pribadi bisa beralih ke transportasi umum massal yaitu TransJakarta. Selain itu Jalan Medan Merdeka Barat merupakan jalan protokol di Provinsi DKI Jakarta yang melewati ikon ibu kota Jakarta yaitu Monumen Nasional serta destinasi wisata Museum Nasional. Sehingga diharapkan dengan penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Medan Merdeka Barat dapat mengurangi angka kemacetan yang tinggi.
Tugas akhir ini akan menghitung probabilitas perpindahan pengguna jalan pribadi di Jalan Medan Merdeka Barat menjadi menggunakan transportasi umum massal TransJakarta dengan beroperasinya Electronic Road Pricing (ERP) atau memilih menggunakan jalan alternatif. Hal lain yang akan dianalisis yaitu kinerja lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat sebelum dan sesudah penerapan Electronic Road Pricing (ERP). Dari hasil perhitungan dan analisis kinerja lalu lintas without project dan with project, kondisi Jalan Medan Merdeka Barat mengalami penurunan volume yang menyebabkan derajat kejenuhan (DJ) dijalan tersebut sangat baik. Pada kondisi without project, nilai derajat kejenuhan pada Jalan Medan Merdeka Barat sebesar 1,1 dan pada kondisi with project turun menjadi 0,74. Sedangkan untuk probabilitas perpindahan pengguna jalan didapatkan untuk berpindah ke jalan alternatif sebesar 6%, untuk berpindah moda menggunakan transportasi massal TransJakarta sebesar 24%, dan tetap melewati Jalan Medan Merdeka Barat dan membayar Electronic Road Pricing (ERP) sebesar 1,33%. ============== Special Capital Region of Jakarta is the the highest population density province in Indonesia, with population equals 10,177,924 people in 2015. The high population density at Special Capital Region of Jakarta causing in high activity and community movement, but not supported by adequate road capacity and adequate mass public transport. This deficiency leaves a problem called traffic jam. An option to solve this problem is using Electronic Road Pricing (ERP). The study will take place at Medan Merdeka Barat Street - Jakarta. The reason of choosing Medan Merdeka Barat Street as an object of the study because this street is passed by TransJakarta corridor 1 (Blok M - Kota route), so it is expected that private vehicle users can move to use the mass public transportation. In addition, Medan Merdeka Barat Street is a protocol road in Special Capital Region of Jakarta which passes the Jakarta capital's icon (National Monument) and National Museum tourism destination. So the expectation, the implementation of Electronic Road Pricing (ERP) will reduce the number of traffic jam.
This final project will calculate the probability of private vehicle users movement to use TransJakarta mass public transportation. Another thing that will be analyzed is the traffic performance on Medan Merdeka Barat Street before and after the implementation of Electronic Road Pricing (ERP). The result analysis of traffic performance with project: the the degree of saturation (DJ) of Medan Merdeka Barat Street decreased. In the condition without project, the value of degree of
saturation is 1.1, and with project the value down to 0.74. The probability movement of road users to use alternative roads is 6%, move to TransJakarta mass transportation is 24%, and still use Medan Merdeka Barat Street and pay Electronic Road Pricing (ERP) is 1.33%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Jalan Medan Merdeka Barat, Electronic Road Pricing (ERP), public transportation, traffic jam, traffic performance
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Leandro Alfrico
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:37
Last Modified: 31 Mar 2024 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52697

Actions (login required)

View Item View Item