Pengembangan Analitik Bisnis Area Keuangan Dan Pelanggan Berdasarkan Transaksi Pos (Point OF Sales) Ritel (Studi Kasus : Ritel XYZ)

Ulfah, Aisyah Khoiril (2018) Pengembangan Analitik Bisnis Area Keuangan Dan Pelanggan Berdasarkan Transaksi Pos (Point OF Sales) Ritel (Studi Kasus : Ritel XYZ). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000088-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211440000088-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya persaingan pasar mendorong bisnis ritel menerapkan analisis data untuk meningkatkan kinerja dan membantu ritel memantau bisnisnya. Ritel XYZ merupakan salah satu usaha ritel yang bergerak dalam penjualan aksesoris mobil. Dalam mengarsipkan penjualan, ritel XYZ menggunakan sistem point of sales. Namun, penerapan analitik pada bisnis masih terbatas pada tools yang dimiliki dan belum mengidentifikasi tujuan analisis secara spesifik. Hal yang paling penting namun sering diabaikan dalam menerapakan analitik adalah mengetahui tujuan strategis dan pertanyaan bisnis apa yang ingin dijawab oleh ritel. Sehingga dibutuhkan sebuah analitik yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pertanyaan bisnis dan prioritas studi kasus. Penelitian ini menggunakan studi literatur dan wawancara dengan pemilik Ritel XYZ untuk mengidentifikasi kebutuhan pertanyaan bisnis. Setiap pertanyaan bisnis menghasilkan rumusan key performance indicator yang akan digunakan sebagai informasi untuk mengembangkan database dimensional, data reporting, dan visualisasi dashboard yang terkoneksi dengan database sumber Odoo. Area bisnis yang dianalisis adalah keuangan dan customer dimana menjadi salah satu core bisnis dari sebagian besar bisnis saat ini termasuk ritel XYZ. Hasil dari penelitian ini adalah dashboard analitik bisnis berbasis PowerBi dengan enam halaman dashboard utama yaitu product profitability analytic, customer profitability analytic, cost and financial analytic, customer churn analytic, customer loyalty, dan customer spend analysis. Pengujian dilakukan dengan melacak test case yang dilakukan narasumber dengan requirement yang sudah diidentifikasi mengunakan requirement tracebility matrix. Didapatkan bahwa paket analitik memenuhi kebutuhan dan ekspektasi narasumber. Dengan mempertimbangkan pertanyaan bisnis dalam pengembangan analitik, diharapkan dashboard dapat mengubah data dan informasi ke dalam pengetahuan yang berdampak pada perbaikan ritel. ========== Analytical data becomes an effective tool for retailers to
improve their performance and help retailers monitor their
business.
Retail XYZ is one of the retail businesses engaged in
the sale of car
accessories.
I
n daily business, ritel XYZ uses
point
-
of
-
sales systems to archive sales data.
H
owever, the
application of analytics business is still limited based on the
tools owned by point
-
of
-
sales
-
systems. The
retail
also has not
identified the
detailed
purpose of
d
ata analysis
.
the most
important thing in analytical development is knowing what the
most important unanswered questions. Retail need to know
what questions they need to answers, before dive into the data.
Therefore, this resear
ch proposes a development of business
analytics based on business questions from retail
XYZ
.
Each
business question generates key performance indicator
formulas that will be used as information for developing
dimensional databases, data reporting, and dash
board
visualization that is connected to the Odoo source database
. the
analytics business domains to be analyzed are the financial and
customer domains.
the methods used to identify business
questions are through literature studies and interviews with
reta
il owner.
vii
viii
This study provides an analytics business package on the
financial and customer domains that developed using mysql and
powerbi.
U
sability testing is used to track the test case results
with requirements. It was found that analytic packages meet t
he
needs and expectations of retail owner.
By using business questions on analytic design, it is expected
that analytics can transform data and information into
knowledge that impact on retail improvement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ritel; Analitik; indikator performa; pertanyaan bisnis; Retail; analytics; key performance indicator; business question
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aisyah Khoiril Ulfah
Date Deposited: 20 Jul 2018 08:26
Last Modified: 20 Jul 2018 08:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52826

Actions (login required)

View Item View Item