., Rendi (2018) Studi Eksperimental Dan Simulasi Pengaruh Temperatur Tuang Dan Degassing Terhadap Kualitas Hasil Coran AL 6061. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
| ![[thumbnail of 02511440000137-Undergraduate_Theses.pdf]](http://repository.its.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 02511440000137-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy | 
Abstract
Badan pesawat terbang merupakan salah satu komponen penting dalam pesawat terbang, sifat yang dibutuhkan untuk membuat komponen tersebut adalah ringan dan kuat. Oleh karena itu, untuk membuat komponen badan pesawat dibutuhkan material yang kuat dan ringan. Adapun bahan badan pesawat terbang umumnya menggunakan paduan Al-Mg-Si seperti logam paduan Al 6061 dan Al 6063. Namun untuk mendapatkan sifat mekanik yang maksimal khususnya kekuatan tarik, dibutuhkan proses untuk membersihkan aluminium dari inklusi pada saat proses peleburan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap pengaruh temperatur tuang dan degassing pada paduan Al 6061 dengan tujuan agar sifat mekaniknya mencapai nilai maksimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sand casting. Pengujian yang dilakukan untuk menganalisis material ini adalah uji komposisi, uji XRD, uji kekuatan tarik (tensile stress), dan uji metalografi. Setelah itu, dilakukan proses simulasi thermal untuk mengetahui perpindahan panas akibat beberapa inklusi yang terdapat pada Al 6061 setelah proses pengecoran. Setelah pengujian, maka didapatkan bahwa logam paduan Al 6061 membentuk fasa α Al, pada hasil pengujian XRD . Hasil uji kekuatan tarik didapatkan kekuatan terbesar yaitu 64.30 MPa pada temperatur tuang 700oC dengan proses degassing. Kekuatan tarik paling rendah didapatkan 35.85 MPa pada temperatur tuang 700oC tanpa proses degassing. Pada proses perpindahan panas dengan inklusi thin film didapatkan hasil proses pendinginan yang lebih lambat. Kemudian, proses perpindahan panas dengan inklusi gas hidrogen didapatkan proses pendinginan menjadi lebih cepat. ========== Fuselage  is  one  of  the  most  important  components  in aerospace, 
the  properties  needed to  make  the  compenents  are  light  and strong.   Therefore,   to   make   fuselage 
required   a   strong   and lightweight  material. The  material  of  the fuselage is  generally used  Al-Mg-Si  alloys  such  as Al  6061  and  Al  6063  alloys. 
However, to  obtain  maximum  mechanical  properties  especially tensile  strength,  a  process  is  needed  to  clean  aluminum  from inclusions  during  the  melting  process. Therefore,  in this  study made  an  observation  of  the  effect  of  casting  temperature  and degassing  on  Al  6061  alloy  with  the  aim  that  its  mechanical 
properties reach maximum value. 
The method used in this research was sand casting. Tests conducted to analyze this material are composition test, XRD   test,   tensile test,   and metallographic  test. Thereafter,  a  thermal  simulation  process were conducted  to  determine  the  heat  transfer  due  to  several 
inclusions  found  in  Al  6061  after  the  casting  process. After  the test, it was found that Al 6061 alloys formed α Al phase on XRD test results. Tensile strength test results were obtained the greatest strength  of  64.30  MPa  at temperature  of  700oC  casting  with degassing  process
.  The  lowest  tensile  strength  was  obtained 
35.85  MPa  at temperature  of  700oC  without  degassing  process. On  heat  transfer  proses  with  thin  film  inclusion  was  obtained  a slower   cooling   result.   Then,   On   heat   transfer   process   with hydrogen  inclusion was obtained a faster cooling result.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Al 6061; Sifat Mekanik; Simulasi; Thin film; Gas Hidrogen; Al 6061 alloy; mechanical properties; simulation; thin film; hydrogen gas | 
| Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN690 Metallography. Physical metallurgy | 
| Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis | 
| Depositing User: | Rendi . | 
| Date Deposited: | 23 Jul 2018 03:44 | 
| Last Modified: | 23 Jul 2018 03:44 | 
| URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/52854 | 
Actions (login required)
|  | View Item |