Pengaruh Kecepatan Putar dan Rasio Luasan terhadap Karakteristik Korosi Galvanic Coupling Baja AISI 1045 dan Stainless Steel 304 pada lingkungan 3,5% NaCl dengan Metode Rotating Cylinder Electrode (RCE)

Pratama, Bayu Yudha (2018) Pengaruh Kecepatan Putar dan Rasio Luasan terhadap Karakteristik Korosi Galvanic Coupling Baja AISI 1045 dan Stainless Steel 304 pada lingkungan 3,5% NaCl dengan Metode Rotating Cylinder Electrode (RCE). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511440000019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02511440000019-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Korosi merupakan bentuk degradasi material atau perusakan suatu logam karena bereaksi dengan lingkungannya. Laju korosi dari suatu material dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu adanya pengaruh aliran akibat kecepatan putar serta adanya kontak metalik antara dua logam yang berbeda jenis (galvanic coupling). Dalam penelitian ini dibahas karakteristik korosi galvanic coupling pada baja AISI 1045 dan stainless steel 304 dengan metode Rotating Cylinder Electrode (RCE) terhadap kecepatan putar 0, 150, dan 250 rpm dengan rasio luasan 1:1, 1:4, 4:1 pada lingkungan 3,5% NaCl selama 10 hari. Hasil pengujian weight loss didapatkan bahwa nilai laju korosi baja tertinggi terjadi ketika kecepatan putar 250 rpm dengan rasio luasan 1:4, mengalami kenaikan sebesar 5,997% terhadap rasio luasan 1:1 sebesar 2,461 mm/yr. Laju korosi baja mengalami kenaikan yang cukup signifikan terhadap kecepatan putar 0 rpm pada semua parameter uji hingga lebih dari 500%. Hasil pengujian visual didapatkan morfologi permukaan baja berupa pola jejak penyerangan korosi pada permukaan baja serta produk korosi yang menumpuk dan tebal pada coupling ketika adanya kecepatan putar. Hasil pengujian XRD sampel baja dengan kecepatan putar 250 rpm dengan rasio luasan 1:4 menghasilkan peak tertinggi berupa senyawa Fe2O3, selain itu terdapat senyawa FeCl2. Laju korosi baja AISI 1045 mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan kecepatan putar dan penurunan luasan baja AISI 1045 terhadap SS304. Namun pengaruh kecepatan putar lebih dominan terhadap meningkatnya laju korosi daripada efek galvanic coupling. Kecepatan putar mengakibatkan perubahan morfologi permukaan baja AISI 1045 bahwasanya pada permukaan baja terbentuk pola jejak penyerangan korosi yang tidak utuh dan menyebar di sekitar coupling. ============= Corrosion is degradation of material because reacts with surrounding environment. Corrosion rate of a material is affected by several factors such as the effect of flow due to rotation velocity and metallic contact between two different types of metal . In this study discussed about effect of rotation velocity and area ratio on galvanic coupling corrosion of AISI 1045 coupling with SS304 in 3,5% NaCl using Rotating Cylinder Electrode (RCE). Area ratio used in this study between AISI 1045 coupled with SS304 are 1:1, 1:4, and 4:1. The results of weight loss test showed the highest corrosion rate is 2,461 mm/yr from the sample with area ratio 1:4 at 250 rpm. Sample with area ratio 4:1 has lower corrosion rate than the other area ratio (1:1 and 1:4) for all rotation velocity. Corrosion rate due to 0 rpm rotation velocity has significant increase to 917% at 250 rpm. Visual tests resulted the morphology of steel surfaces, has patterns which caused by flow and produces
more thick corrosion product at the coupling. XRD tests from sample with 1:4 area ratio at 250 rpm resulted highest peak of Fe2O3. FeCl2 also detected in the results which means steel reacts with the NaCl environments. The corrosion rate of steel was increased by the effect of galvanic coupling with SS304 and increasing of the area ratio of SS304 to AISI 1045. The effect of rotation velocity was more accelerated the corrosion rate of AISI 1045 due to galvanic coupling and the morphologies of steel surfaces showed spread and unwhole pattern of traces of corrosion attack

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan Putar, Perbandingan Luasanm Korosi Galvanic Coupling, Rotating Cylinder Electrode, Rotation Speed, Area Ratio, Galvanic Coupling Corrosion, Rotating Cylinder Electrode
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pratama Bayu Yudha
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:53
Last Modified: 22 Apr 2021 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53016

Actions (login required)

View Item View Item