Pemetaan Persebaran Pencemar Konservatif dari Aktivitas Lalu Lintas Perkotaan di Wilayah Surabaya Selatan Menggunakan Model Gauss Termodifikasi

Firrizqy, Maulida Ilmi (2018) Pemetaan Persebaran Pencemar Konservatif dari Aktivitas Lalu Lintas Perkotaan di Wilayah Surabaya Selatan Menggunakan Model Gauss Termodifikasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211440000001-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03211440000001-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Surabaya Selatan merupakan daerah dengan perkembangan pesat pada sektor transportasi. Dimana kawasan tersebut merupakan daerah penghubung antara Kota Surabaya dengan daerah disekitarnya. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah gas buang kendaraan bermotor. Salah satu pencemar dari kendaraan bermotor adalah SO2 yang dihasilkan dari hasil pembakaran bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur tinggi. Kondisi ini dapat berakibat buruk pada lingkungan serta kesehatan sehingga diperlukan upaya pengelolaan yang tepat. Selama ini data kualitas udara Kota Surabaya dapat diperoleh melalui stasiun pemantau. Ketersediaan data ini nampaknya belum mencukupi untuk menggambarkan kualitas udara Kota Surabaya secara menyeluruh. Kota Surabaya hanya memiliki 7 stasiun pemantau dimana hanya 3 yang aktif. Model dispersi pencemar udara merupakan cara yang efektif dalam memberikan gambaran terkait sumber dan persebaran pencemar dan melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengelolaan kualitas udara.
Model dispersi pencemar udara diestimasi menggunakan pendekatan model distribusi Gauss dari sumber garis majemuk. Tahapan pertama adalah indentifikasi sumber pencemar dari aktivitas transportasi didasarkan berdasarkan data seri traffic volume. Selanjutnya menghitung beban emisi line source dengan pendekatan faktor emisi konsumsi bahan bakar berdasarkan data traffic volume. Data lain yang diperlukan adalah kondisi meteorologi yang digunakan sebagai inputan model dan dianalisi dari data BMKG dan data lokal SUF. Data ini diolah untuk mendapatkan gambaran rata-rata kecepatan arah angin dari periode musim kemarau dan musim penghujan, menghasilkan windrose. Setelah terbentuknya model dilakukan verifikasi dengan data sekunder hasil monitoring di wilayah studi. Model dispersi dikatakan baik jika memiliki korelasi dengan data pengukuran bernilai 0,572 dan memiliki nilai RMSE sebesar 14,2. Selanjutnya membuat kontur dispersi untuk memberikan gambaran informasi mengenai nilai konsentrasi pada area penelitian. Perhitungan dan aplikasi model dispersi dilakukan dengan piranti lunak WR Plot, Microsoft Excel dan Matlab R2013a.
Hasil penelitian menunjukkan model terbangun pada musim kemarau memliki hasil yang siginifikan dengan nilai RMSE = 29,718 dan nilai korelasi = 0,379, sedangkan pada musim hujan nilai RMSE = 274,511 dan nilai korelasi = 0,410. Pola persebaran pencemar yang melebihi baku mutu SO2 untuk jalan tol yaitu 526-585 m, jalan arteri primer yaitu 423-439 m, jalan arteri sekunder 361-369 m dan jalan kolektor primer yaitu 320-358 m.
=============================================================================================================
South Surabaya is one of the fastest growing regions in the transportation sector. This area is connecting Surabaya with the surrounding area. This also affects in the increasing amount of vehicle exhaust gas. One of the pollutants of a motor vehicle is SO2 produced from the combustion of fuel that has a high sulfur content. This condition can be bad for the environment and health so that proper management effort is required. So far, the air quality data of Surabaya can be obtained through monitoring station. The availability of this data seems insufficient to describe the air quality of Surabaya the whole. Surabaya had 7 monitoring stations, where only 3 of them are active. The air pollutant dispersion model is an effective way to provide an overview of the source and distribution of pollutants and complementing the data needed for air quality management.
Air pollution dispersion model were estimated by using the Gauss distribution model approach from a compound line source. Development of dispersion model had 4 stages. The first step was to identify the pollutant source from transportation activity based on traffic volume data. Furthermore, calculate the emission load of line source with the approach of emission factor of fuel consumption based on traffic volume data. Other data required were meteorological conditions used as model input and analyzed data from BMKG and local data SUF. This data was processed to obtain an average illustration of wind speed from the dry and rainy season which resulted windrose. After formation of the model, verification with secondary data of monitoring result in the research area was conducted. The dispersion model would be stated good if it has correlation with the measurement data of 0,572 and has a RMSE of 14,2 based on US EPA. The next step was creating dispersion contours to provide an overview of the value of concentrations in the study area. All the measurement and application of air dipersion model were done using WR Plot, Microsoft Excel and Matlab.
The result of model in dry season has significant result with value of RMSE = 29,718 and correlation = 0,379, in rainy season with value of RMSE = 274,511 and correlation = 0,410. Distribution of pollutant exceeding SO2 air quality standard for highway is 526-585 m, primary artery is 423-439 m, secondary artery is 361-369 m, and primary collector is 320-358 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 628.35 Fir p 3100018075835
Uncontrolled Keywords: Emisi, Line Source, Model Gauss, SO2, SUF, Emisi on, Line Source, Gaussian Mode
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > Q Science (General) > Q325 GMDH algorithms.
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD171.75 Climate change mitigation
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Maulida Ilmi Firrizqy
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:41
Last Modified: 14 Oct 2020 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53306

Actions (login required)

View Item View Item