Aplikasi Model Dispersi Pencemar Konservatif dari Aktivitas Lalu Lintas di Wilayah Surabaya Timur Menggunakan Model Gauss Termodifikasi

Muflihah, Irma (2018) Aplikasi Model Dispersi Pencemar Konservatif dari Aktivitas Lalu Lintas di Wilayah Surabaya Timur Menggunakan Model Gauss Termodifikasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211440000066-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03211440000066-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan lingkar timur bagian tengah di wilayah Surabaya Timur berpengaruh besar terhadap pertumbuhan transportasi di sekitarnya. Hal ini juga berdampak pada peningkatan jumlah gas buang kendaraan bermotor di kawasan tersebut. Salah satu gas pencemar dari kendaraan bermotor adalah SO2 yang berasal dari fungsi kandungan sulfur dalam bahan bakar dan pelumas. Untuk mengetahui kualitas udara di perkotaan membutuhkan biaya yang cukup mahal dan waktu yang lama. Selain itu, keterbatasan alat pemantau kualitas udara yang beroperasi di Surabaya dimana dari 7 alat pemantau kualitas udara hanya 3 yang masih beroperasi hingga saat ini. Kondisi tersebut menyebabkan minimnya informasi data yang diperoleh sebagai acuan dalam pengelolaan kualitas udara di Kota Surabaya. Sehingga pemodelan kualitas udara dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk memprediksi kualitas pencemar udara di suatu wilayah dan persebarannya di lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola persebaran pencemar SO2 dari aktivitas lalu lintas di wilayah Surabaya Timur. Data yang dibutuhkan berupa traffic volume di jalan Dr.Ir.H.Soekarno yang merupakan jalan arteri primer serta beberapa jalan lain yang berpengaruh signifikan di wilayah Surabaya Timur. Sedangkan data-data lain seperti data meteorologi dari BMKG serta data kualitas pencemar dari SUF akan menjadi input untuk pembuatan model. Data yang digunakan yaitu data 1 tahun terakhir yaitu tahun 2017. Metode analisis data menggunakan metode Gauss yang telah dimodifikasi. Pengolahan data dimulai dengan menghitung beban emisi SO2 yang dihasilkan oleh aktivitas lalu lintas. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan windrose menggunakan data arah dan kecepatan angin dari BMKG. Hasil perhitungan tersebut dimasukkan ke dalam model Gauss menggunakan aplikasi Matlab. Selanjutnya verifikasi dilakukan dengan membandingkan data hasil model dengan data dari SUF 6. Hasil penelitian dari model ini menunjukkan bahwa beban emisi SO2 tertinggi dihasilkan di jalan Dr.Ir.H.Soekarno sebesar 1,059 gram/detik. Nilai RMSE dan korelasi untuk musim kemarau sebesar 2,05 dan 0,8. Sedangkan nilai RMSE dan korelasi untuk musim hujan sebesar 3,67 dan 0,89. ==========================================================================================================
The construction of the middle east ring road in the East Surabaya area has a great impact on the transportation growth around it. This also affects the increasing amount of vehicle exhaust gas in the area. One of the pollutant gas from motor vehicle is SO2 derived from the sulfur in fuel and lubricants. The way to know the air quality of the urban area, it requires quite a lot of cost and long time. In addition, there is a limitation of air quality monitoring equipment operating in Surabaya in which from 7 air quality monitoring tools, only 3 of them are still operating today. Such condition causes the lack of information as a reference in the air quality management in Surabaya. Therefore, an air quality modeling could be an effective way to predict the air pollutants quality in an area and its distribution in the environment.
The purpose of this research is to know the distribution pattern of SO2 pollutant from the traffic activity in East Surabaya area. The required data is in the form of traffic volume on Dr. Ir. H. Soekarno Street which is the primary arterial street and several other streets that have significant impact in East Surabaya area. Besides, other data such as meteorological data from BMKG and pollutant quality data from SUF used as the input for modeling. The data used is the last one year data which is the year 2017. Data analysis method used is Gauss method that has been modified. Data processing begins by calculating the SO2 emission load generated by traffic activities. Then, it is proceed with wind rose making using direction data and wind speed from BMKG. The calculation results are incorporated into the Gauss model using Matlab application. Further verification is done by comparing data model results to data from SUF 6. The results of this model showed that the highest emission load of SO2 is 1,059 gram/second in Dr.Ir.H.Soekarno street. RMSE and correlation value for dry season is 2,05 and 0,8 while the correlation value for rainy season is 3,67 and 0,89.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 628.35 Muf a-1 3100018075846
Uncontrolled Keywords: Emisi; Line Source; Model Dispersi; Sulfur Dioksida; Traffic Volume; emisi; line source; model dispersi; sulfur dioksida; traffic volume
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Muflihah Irma
Date Deposited: 25 Jul 2018 04:32
Last Modified: 14 Oct 2020 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53352

Actions (login required)

View Item View Item