Perumusan Faktor Konsentrasi Tegangan Pada Sambungan Tubular Multiplanar K Double T Akibat Beban In-Plane-Bending Moment dengan Metode Elemen Hingga

Yazhahir, Rizky (2018) Perumusan Faktor Konsentrasi Tegangan Pada Sambungan Tubular Multiplanar K Double T Akibat Beban In-Plane-Bending Moment dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311440000096-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311440000096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam konstruksinya, Jacket Fixed Platform sebagian besar menggunakan sambungan tubular. Sambungan tubular pada jacket yang terkena beban dari berat struktur itu sendiri maupun beban yang ditimbulkan oleh aksi lingkungan dan adanya diskontinuitas geometri menyebabkan terjadinya tegangan hot-spot¬ pada daerah sambungan antara brace dan chord. Tegangan Hot-spot dapat memacu percepatan timbulnya kelelahan pada struktur, dan besarnya dipengaruhi oleh parameter yang disebut stress concentration factor (SCF). Tugas Akhir ini melakukan analisis tentang efek dari variasi parameter non-dimensional (, , , dan ) terhadap distribusi tegangan di sekitar garis sambungan antara brace dan chord serta nilai SCF yang dihasilkan. Selain itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan faktor konsentrasi tegangan pada sambungan tubular multiplanar K Double T akibat In-Plane-Bending ¬Moment (IPB) sehingga bisa digunakan untuk menghitung hotspot stress pada tipe sambungan tersebut. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan struktur menggunakan perangkat lunak metode elemen hingga untuk menghitung factor konsentrasi tegangan yang terjadi dengan beberapa variasi parametrik geometri struktur. Kemudian dilakukan regresi untuk membentuk formula SCF yang baru. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa semakin besar parameter  maka tegangan di sekitar sambungan akan semakin kecil, sebaliknya semakin besar parameter , , dan  maka tegangan disekitar sambungan akan semakin besar. SCF yang didapatkan dari analisis beberapa model dengan variasi parameter non-dimensional akan diregresi untuk mendapatkan persamaan baru dan akan dibandingkan dengan nilai SCF dari hasil analisis metode elemen hingga.
======================================================================================================
In its construction, Fixed Jacket Platform mostly uses tubular connection. The tubular connection which subjected the load from the load itself or the load generated by environmental action and existence of geometry discontinuity will create hot-spot stress on the connection between the brace and the chord. Hot-spot stress can accelerate the emergence of structure, and its magnitude is affected by parameter called stress concentration factor (SCF). This Final Project performs an analysis of the effects of non-dimensional parameters (, , , and ) on the stress distribution between the connections and resulting SCF values. In addition, this study aims to determine SCF equation for K Double T multiplanar tubular joint as a result of In-Plane-Bending¬Moment (IPB) load condition. In this research, finite element method software is used to calculate SCF that occurs with various parameters of structural geometry. Then the regression methode is used to make the new formula of SCF. The result of this analysis shows that if  parameter get bigger then stress will be smaller. If , , and  parameter get bigger then stress will be bigger. SCF obtained from the analysis of some models with non-dimensional parameters variations will be used for regression to obtain new formulae and will be compared with SCF values resulted from finite element method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Yaz p-1
Uncontrolled Keywords: hot-spot stress, In-Plane-Bending ¬Moment, metode elemen hingga, multiplanar tubular joint, perumusan SCF, stress concentration factor.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yazhahir Rizky
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:53
Last Modified: 15 Feb 2021 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53380

Actions (login required)

View Item View Item