Permainan Realitas Virtual Magus Menggunakan Teknologi Oculus Rift dan Leap Motion dengan Kendali Hand Gesture

Martinus, Sultan Bonar (2018) Permainan Realitas Virtual Magus Menggunakan Teknologi Oculus Rift dan Leap Motion dengan Kendali Hand Gesture. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000006-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000006-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dengan menggunakan realitas virtual sudah semakin maju. Tidak hanya untuk membantu manusia dalam mensimulasikan aktifitas di dunia nyata, juga menjadi sarana untuk bermain permainan yang terasa nyata. Untuk merasakan teknologi realitas virtual ada banyak macam alat yang dapat digunakan, salah satunya adalah Oculus Rift. Alat ini berfungsi untuk menampilkan dunia maya kepada pengguna.
Ide yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah membangun sebuah permainan First Person Shooter (FPS) yang memiliki control Leap Motion dan Voice Recognition. Permainan ini menjadikan tangan dan suara sebagai sumber masukan dalam melakukan interaksi. Permainan ini dibangun menggunakan Unity dan Leap Motion SDK. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan adrenalin pemain untuk mengalahkan musuh yang ada sebelum musuh mengalahkannya lebih dulu.
Hasil dari pengujian ini akan berupa sebuah permainan yang dapat berjalan di perangkat personal computer high-end. Permainan ini dibangun dengan Unity Versi 2017.3.1.1f1 dengan bahasa pemrograman C#, Library Windows.Speech, dan Leap Motion SDK. Proses pembuatan asset permainan sebagian besar mengambil dari asset store dan sebagian dibuat menggunakan tools Blender, Corel Draw X7, dan Adobe After Effects 2017cc. Dengan pengujian beta dan juga kuisioner dapat disimpulkan permainan telah mengimplementasikan perancangan dengan baik.
==================================================================================================================
The development of technology by using virtual reality is increasingly advanced. Not only to help humans in simulating activities in the real world, it also becomes a means to play a Permainan that feels real. To experience virtual reality technology there are many different tools that can be used, one of them is Oculus Rift. This tool serves to show virtual world to users.
The idea used in this final project is to build a First Person Shooter (FPS) Permainan that has Leap Motion and Voice Recognition control. This Permainan makes hands and sounds as a source of input in the interaction. The Permainan is built using Unity and Leap Motion SDK. The purpose of the Permainan is to increase the adrenaline of players to defeat the enemies before the enemy defeats them first.
The result of this project test will be a Permainan that can run on high-end personal computer devices. The Permainan is built with Unity Version 2017.3.1.1f1 with c# programming language, Windows.Speech Library, and Leap Motion SDK. The process of making asset Permainans mostly take from the asset store and partly made using tools Blender, Corel Draw X7, and Adobe After Effects 2017cc. With beta testing and also the questionnaire can be concluded the Permainan has implemented the design properly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Oculus Rift, Realitas Virtual, Voice Recognition,Leap Motion, Hand Gesture
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA336 Artificial Intelligence
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Martinus Sultan Bonar
Date Deposited: 21 Jun 2021 10:55
Last Modified: 21 Jun 2021 10:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53393

Actions (login required)

View Item View Item