Perencanaan Pembangunan Flyover Mayangkara Baru, Surabaya ditinjau dari Segi Ekonomi Jalan Raya

Rizki, Hevil Saftia (2018) Perencanaan Pembangunan Flyover Mayangkara Baru, Surabaya ditinjau dari Segi Ekonomi Jalan Raya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
03111440000114-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemacetan merupakan sebuah permasalahan yang harus dihadapi oleh warga Surabaya. Salah satu hal yang menjadi penyebab kemacetan di Surabaya adalah bertambahnya volume kendaraan setiap harinya namun tidak sebanding dengan ruas jalan yang sudah ada, akibatnya ruas jalan tidak mampu lagi menampung volume kendaraan yang ada. Salah satu contoh daerah rawan macet di Surabaya adalah simpang Wonokromo. Jalan Wonokromo maupun Jalan St. Wonokromo sering sekali terjadi kemacetan, khususnya pada jam berangkat dan pulang kantor. Salah satu alternatif pengaturan maupun pengendalian arus lalu lintas bila simpang sebidang tidak dapat dilakukan untuk memperbesar kapasitas adalah dengan pemberlakuan simpang tidak sebidang, yaitu dengan pembangunan flyover atau jalan layang di simpang Wonokromo. Dengan dibangunnya flyover Mayangkara baru pada persimpangan Wonokromo ini diharapkan dapat menghemat waktu tempuh pengguna jalan dengan melewati jalan baru dibandingkan jalan eksisting. Oleh karena itu penulis bermaksud membuat Tugas Akhir mengenai Perencanaan Pembangunan Flyover Mayangkara Baru, Surabaya Ditinjau dari Segi Ekonomi Jalan Raya. Dalam Tugas Akhir ini akan dianalisis volume lalu lintas yang melewati jalan eksisting serta volume lalu lintas rencana yang akan melewati jalan layang (flyover) yang dibangun nantinya dengan cara melakukan forecasting untuk memperkirakan jumlah kendaraan pada tahun mendatang. Analisis trip assignment juga dilakukan untuk mengetahui berapa persentase jumlah kendaraan yang melewati jalan eksisting serta flyover. Analisis kelayakan ditinjau dari segi lalu lintas dan ekonomi. Kelayakan lalu lintas dilakukan dengan membandingkan Derajat Kejenuhan (Dj) eksisting dan rencana. Kelayakan ekonomi menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) menggunakan metode Jasa Marga. Analisis kelayakan flyover ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, serta pengumpulan data primer yang didapatkan dari hasil survey traffic counting. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, didapatkan Dj pada tahun 2020 (without project) yaitu 0,76 pada Wilayah I dari arah Utara dan 0,72 pada Wilayah II dari arah Selatan. Derajat kejenuhan akan menurun pada jalan eksisting setelah beroperasinya flyover pada tahun 2020 dimana Dj menjadi 0,485 pada Wilayah I dari arah Utara dan 0,48 pada Wilayah II dari arah Selatan. Berdasarkan hasil analisis kelayakan dari segi ekonomi akan didapatkan nilai Benefit Cost Ratio (BCR) = 4,917 > 1, Net Present Value (NPV) = Rp1.168.907.035.163 > 0, Economic Internal Rate of Return (EIRR) = 29,491% > 7,66% (BI Rate), dan First Year Rate Of Return (FYRR) = 18,722% > 7,66% (BI Rate). Sesuai persyaratan untuk analisis kelayakan ekonomi, rencana pembangunan flyover Mayangkara Baru Surabaya ini dapat dikatakan layak. ========================================================================================================= Heavy traffic load is a problem that should be faced by citizens of Surabaya. Regarding that, one of the reason is the unbalance progress between increasing number of vehicles volume with road space available, consequently roads can no longer accommodate the volume of existing vehicles. Wonokromo intersection is one of the traffic jam-prone area. Traffic jam occasionally happen at Wonokromo street and St.Wonokromo, particularly at office peak hour at the morning and afternoon. When direct intersection at Wonokromo cannot overcome the traffic volume, undirect intersection could be one of the alternatives as the option to this problem which is the construction of flyover at Wonokromo. With the construction of the Mayangkara Baru flyover at Wonokromo intersection it’s expected to save the travel time of road users passing the new flyover compared to the existing road. Therefore, the author intends to construct a final project about Construction Plan of Mayangkara Baru Flyover. On this final project, traffic volume passing the existing road and expected traffic volume that would pass the new fly over will be evaluated using forecasting to obtain the road traffic volume by next year. Trip assignment analysis is also used to estimate the percentage of vehicle number passing existing road and new fly over. Feasibility analysis is evaluated from traffic and economic factor. Traffic feasibility is calculated by comparing existing Degree of Saturation (Dj) with project plan. While Vehicle Operation Cost (BOK) is analyzed as Economic feasibility using Jasa Marga method. The feasibility analysis of Mayangkara Baru flyover is refer to Indonesian Road Capacity Guidance (PKJI) 2014, and primary data collected from survey traffic counting. Based on calculation, Degree of Saturation (Dj) by year 2020 (without project) is 0,76 at Area I from Northern area and 0,72 at Area II from Southern area. Degree of Saturation (Dj) should be depleting at existing road after the new fly over is fully operated by year 2020 where new Dj is calculated 0,485 at Area I form Northern area and 0,48 at Area II form Southern area. Based on feasibility analysis from economic aspect Benefit Cost Ration (BCR) > 1 is obtained, Net Present Value (NPV) = Rp1.168.907.035.163 > 0, Economic Internal Rate of Return (EIRR) = 29,491% > 7,66% (BI Rate), and First Year Rate Of Return (FYRR) = 18,722% > 7,66% (BI Rate). The result is very satisfying according to feasibility study, so Construction Plan of Mayangkara Baru fly over at Surabaya is convincing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.11 Riz p-1 3100018076024
Uncontrolled Keywords: Flyover Mayangkara Baru Surabaya, analisis kelayakan ekonomi, Biaya Operasional Kendaraan, nilai waktu, Flyover Mayangkara Baru Surabaya, Economic Feasibility Analysis, Vehicle Operating Cost, Time Value
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Hevil Saftia Rizki
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:44
Last Modified: 16 Nov 2020 04:05
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/53643

Actions (login required)

View Item View Item