Perancangan Boox Cafe-Library di Yogyakarta dan Perancangan Kantor Bumi Gresik

Budiati, Amalina (2018) Perancangan Boox Cafe-Library di Yogyakarta dan Perancangan Kantor Bumi Gresik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010021-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010021-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Arsitektur dibangun menyesuaikan perkembangan tren yang ada, salah satunya adalah tren bisnis yang sedang berjalan. Salah satu bentuk usaha yang tengah berkembang dewasa ini adalah usaha kafe dan kuliner. Dengan memanfaatkan lahan yang strategis dan peluang bisnis yang bersaing di sekitar kawasan tersebut, maka pada lahan tersebut didesain kafe dengan konsep cafe-library. Konsep ini diusung karena melihat pasar di daerah Yogyakarta yang dipenuhi dengan anak muda dan pelajar, sehingga perlu dibangun tempat bersosialisasi, belajar, maupun sekedar bercengkrama yang nyaman, dapat ditempati cukup lama, dan didukung dengan sumber bacaan yang memadai. Selain itu konsep bangunan yang diangkat adalah ‘ringan dan natural’ dengan penggunaan material yang mengeluarkan karakter asli bahannya. Dengan demikian, terciptalah tempat makan dan bersosialisasi baru untuk anak muda dan pelajar di sekitar Yogyakarta, yang memiliki keunikan dan keutamaan tersendiri. Kemudian untuk proyek Kantor Bumi Gresik, salah satu bagian penting dari sebuah komplek industri pabrik adalah gedung kantor pengelola dari pabrik tersebut. Tidak dapat dipungkiri, gedung pengelola adalah tempat untuk menerima tamu-tamu sekaligus tempat bekerja bagi karyawan dan direksi di industri pabrik tersebut. Maka, diperlukan desain kantor yang menarik dan terkonsep dengan baik. Hal inilah yang dibawa pada desain perancangan Kantor Bumi Gresik. Kantor pengelola gudang semen ini dikonsepkan menjadi bangunan industrial dengan menggunakan material yang cepat terbangun. Selain itu, kompleks kawasan ini juga memiliki konsep hijau dan asri, agar dapat mengurangi polusi dari semen yang dibawa masuk ke dalam kompleks. Dengan demikian, terciptalah salah satu desain bangunan kantor dengan pendekatan material dan kesan minimalis yang kuat.
==========================================================================================
Architecture is built to adjust the development of existing trends, one of them is the ongoing business trends. One form of business that is growing today is a cafe and culinary venture. By utilizing strategic land and competitive business opportunities around the area, then we optimize the land-use to be designed with building that has a concept of cafe-library. This concept is carried out because we watch Yogyakarta's market area is filled with young people and students, so we need to be built a place to socialize, learn, or just hangout, can be occupied in a long time, and supported by adequate reading sources. In addition, the concept of this building is 'light and natural', so it will feature the original character of every materials used here. Thus, this building create a new place to hangout and socialize for young people and students around Yogyakarta, which has its own uniqueness and virtue. For Bumi Gresik Office project, one important things of an industrial complex is its management office building of the factory. It can not be denied, the management building is a place to receives guests as well as a workplace for employees and directors in the factory industry. Thus, it is necessary to design an attractive, constructive, efficient, and well-drafted office building. This is what is brought in the design of Bumi Gresik Office building. This cement storage management office is conceptualized to be an industrial building using rapidly constructed materials. In addition, the complex area also has a green and shady trees concept in order to reduce pollution from sacks of cement that is brought inside the factory complex. Eventually, there comes one of the office building design with a material approach and strong image of minimalism.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cafe, natural, perpustakaan, gudang semen, industrial, kantor
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Amalina Budiati
Date Deposited: 07 Dec 2020 23:06
Last Modified: 07 Dec 2020 23:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53774

Actions (login required)

View Item View Item