Perancangan Ceruk Teduh Co-working Space Dan Redesain Restoran Dcost Graha Family Surabaya

Elisabeth, Ahndya Chita Sekar Anggriti (2018) Perancangan Ceruk Teduh Co-working Space Dan Redesain Restoran Dcost Graha Family Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010003-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (31MB) | Preview

Abstract

Co-Working Space merupakan sebuah wadah dimana pengunjungnya berbagi lingkungan kerja yang sama, yang terbuat maupun membuat komunitas di area yang sama. Saat ini, semakin banyak orang yang mulai berpindah dari bekerja di kantor perusahaan ke co-working space. Kebutuhan akan kontemporer ruang bekerja dengan munculnya beragai komunitas startup dan kebutuhan bagi berbagai tingkat pekerjaan maupun pendidikan untuk sebuah wadah bekerja yang nyaman semakin tinggi. Terletak di Jl. Kali Kepiting yang berdekatan dengan dua universitas dan area komersial lainnya, Ceruk Teduh sebagai salah satu wadah yang disebut sebagai ruang kerja tanpa dinding dan mengedepankan konseksi visual di berbagai titik pada level lantai tertentu. Konsepnya sendiri sederhana dimana pendefinisian ruang didalamnya didasarkan pada elemen penting pada ruang bekerja, yang memiliki hubungan dengan desain ruang kerja dengan tingkat kebutuhan visual didalamnya. Di bagian interior bangunan ini, open plan adalah salah satu konsep bangunan yang ada.

==========================================================================================================

D’Cost Graha Famili Surabaya merupakan sebuah restauran keluarga yang berlokasi di Middle Ring Road dimana lahan bangunannya sangat strategis sebagai area komersial. Pada proyek ini, penulis sebagai bagian dari tim ARA Studio mendapat brief dari pihak Intiland untuk meredesain dari bangunan restoran D’Cost eksisting. Dengan penyusutan lahan hingga 1/3 dari area lahan eksisting, maka pendekatan yang diusulkan adalah dengan menggunakan area outdoor dan indoor semaksimal mungkin, dengan cara menambahkan ketinggian lantai dengan mezzanine maupun menggunakan area outdoor sebagai area makan bagi pengunjung. Beberapa batas persyaratan yakni ketinggian bangunan, peraturan RDTRK yang berlaku, serta kebutuhan program ruang restoran tersebut menjadi dasar pengembangan desain hingga akhir. Dengan mengangkat konsep fleksibilitas dan efisiensi ruang, maka desain yang tercipta memperlihatkan kesederhanaan bentuk bangunan dengan material senada, namun dengan bentuk atap yang menjadi vocal point bangunan yang berasa di kawasan strategis tersebut. Tantangan utama dalam pengerjaan proyek ini adalah bagaimana mengeksplorasi bentuk sebuah massa dalam lahan yang tidak terlalu luas, namun dengan kebutuhan area makan yang tinggi dan akses yang lebih dari satu sisi dari lahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RPA 747.8 Eli p-1 3100018078954
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Co-Working Space, Restoran, Open Plan
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA2941 Facades
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ahndya Chita Sekar Anggriti Elisabeth
Date Deposited: 06 Dec 2020 23:22
Last Modified: 12 Mar 2021 05:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53839

Actions (login required)

View Item View Item