Analisis Produktivitas Organisasi Dengan Data Envelopment Analysis (DEA) Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Maharani, Jelita (2018) Analisis Produktivitas Organisasi Dengan Data Envelopment Analysis (DEA) Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000051-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440000051-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban perguruan tiggi untuk menyelengrakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan perguruan tinggi yang berkualitas, dilakukan sistem evaluasi melalui proses akreditasi. Penilaian akreditasi di perguruan tinggi di Indonesia dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). ITS telah memiliki nilai akreditasi, namun hal tersebut belum dapat menunjukkan bahwa Departemen di ITS sudah produktif. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis pengukuran produktivitas pada organisasi di ITS yang akan dilakukan dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). DEA adalah suatu metode non parametrik yang menggunakan model program linear untuk mengukur produktivitas/efisiensi relatif dari suatu unit pengambilan keputusan/decision making unit (DMU) yang menggunakan sejumlah input untuk memperoleh suatu output yang ditargetkan. Tool yang digunakan dalam menyelesaikan pengukuran produktivitas organisasi di ITS yaitu software OSDEA. Objek pengukuran di bagi menjadi dua bagian yaitu Departemen dan non Departemen. Pada pengukuran Departemen dibagi menjadi pengukuran produktivitas Departemen secara keseluruhan, Departemen dengan prodi S1,S2,danS3, dan Departemen dengan prodi D3. Dari hasil pengolahan data didapatkan, pada produktivitas keseluhan Departemen terdapat 10 Departemen yang termasuk kedalam kategori produktif, pada Departemen dengan prodi S1,S2,dan S3 terdapat 10 Departemen yang termasuk kedalam kategori produktif, pada Departemen dengan prodi D3 terdapat 5 Departemen yang termasuk kedalam kategori produktif. Untuk unit non Departemen dari 28 unit, terdapat 5 unit non Departemen yang termasuk kedalam kategori produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Produktivitas, DEA, dan OSDEA.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jelita Maharani
Date Deposited: 18 Jun 2021 13:32
Last Modified: 18 Jun 2021 13:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54061

Actions (login required)

View Item View Item