Konsep Pengembangan Kawasan Koridor Jalan Tunjungan Melalui Pendekatan Livable Streets

Krisetya, Ananta Tama (2018) Konsep Pengembangan Kawasan Koridor Jalan Tunjungan Melalui Pendekatan Livable Streets. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000092_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440000092_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ruang publik merupakan aset utama bagi livability dan perekonomian kota. Jalan merupakan ruang publik yang paling mudah diakses. Jalan tak hanya berfungsi sebagai jalur sirkulasi tetapi juga ruang sosial yang dapat merepresentasikan kehidupan dan identitas kota. Jalan Tunjungan merupakan salah satu jalan yang menjadi identitas Kota Surabaya. Banyaknya bangunan kosong di Jalan Tunjungan menyebabkan berkurangnya aktivitas dan kegiatan yang ada di jalan tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengembalikan kehidupan di Jalan Tunjungan, namun masih belum optimal.
Livable streets merupakan teori yang menyatakan bahwa ruang jalan berfungsi sebagai ruang sosial dimana masyarakat dapat saling berinteraksi dan mampu mengakomodasi setiap moda transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rumusan konsep pengembangan Jalan Tunjungan berdasarkan konsep livable streets. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik fisik dan sosial Jalan Tunjungan, serta mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan Jalan Tunjungan sebagai ruang publik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan kegiatan di Jalan Tunjungan dipengaruhi oleh fungsi bangunan pada pagi dan siang hari di hari kerja dan dipengaruhi oleh aktivitas pendukung pada malam hari di hari kerja dan hari libur. Selain itu, kondisi lalu lintas juga memengaruhi intensitas aktivitas sosial yang terjadi.
===========================================================
Public space is a primary asset for livability and city economy. Street is one of the accessible public spaces. Street is not only functioned as circulation but also social space that represents city life and identity. Tunjungan Street is one of the street that becomes the identity of Surabaya. The high amount of unused buildings and high traffic volumes in Tunjungan Street lead to the low intensity of activities that occured there. Many efforts have been done by the Surabaya City Government to revitalize the activites in Tunjungan Street, yet still not optimal.
Livable streets is a theory which stated that street space has a function as social space where the people could interact each other and could accommodate all transportation modes. This research objective is to find out the proper development concept formulation of Tunjungan Street based on livable streets concept. This research conducted by identifying the physical and social characteristics of Tunjungan Street and find out factors that affecting the use of Tunjungan Street as a public space.
The reseach result shows that the activities in Tunjungan Street affected by the building’s activity in the morning and noon on weekdays and affected by supporting activities in the night on both weekdays and weekend. Moreover, the traffic condition also contribute to the intensity of the activities that occured in Tunjungan Street.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: livable streets, ruang jalan, ruang publik
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ananta Tama Krisetya
Date Deposited: 24 Jun 2021 23:51
Last Modified: 24 Jun 2021 23:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54078

Actions (login required)

View Item View Item