Desain dan Implementasi Aplikasi Pengolahan Skyline Query pada Uncertain Data Streaming oleh Titik Bergerak dan Objek Tidak Bergerak pada Jaringan Jalan Raya

Muttaqi, Syukron Rifa'il (2018) Desain dan Implementasi Aplikasi Pengolahan Skyline Query pada Uncertain Data Streaming oleh Titik Bergerak dan Objek Tidak Bergerak pada Jaringan Jalan Raya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of buku.pdf]
Preview
Text
buku.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan desain dan implementasi aplikasi pengolahan skyline query pada uncertain data streaming oleh titik bergerak dan objek tidak bergerak pada jaringan jalan raya. Pada kasus tertentu, pengguna teknologi membutuhkan pengambilan dan pemrosesan data terbaik dengan cepat dan tepat. Diantara permasalahan mengenai pemrosesan data yaitu pencarian objek yang paling unggul pada data spasial. Jaringan jalan raya road network adalah salah satu bentuk data yang bersifat spasial. Pencarian data pada jaringan jalan raya bersifat relatif terhadap titik query tertentu. Jika titik berpindah, maka perlu pemrosesan ulang data yang unggul sesuai titik terakhir. Metode ini kurang efisien karena biaya komputasi sangat tergantung pada titik query. Jika titik query selalu berpindah, maka dibutuhkan pemrosesan tersendiri yang bersifat kontinu sehingga tidak diperlukan banyak komputasi ketika titik query mengalami perpindahan.

Penggunaan skyline query pada kasus demikian menjadi kompleks ketika bersinggungan dengan uncertain data streaming dan jaringan jalan raya. Tugas akhir ini memaparkan algoritma CSdε, yaitu metode pencarian data yang dominan dengan menggunakan struktur data Grid dan R-Tree. Hasil yang didapatkan berupa jalan beserta titik-titik skyline yang terdapat pada jalan tersebut. Data dapat masuk dan kadaluarsa/expire. Data streaming yang masuk/kadaluarsa pada sistem diproses satu per satu dan hasil dari pemrosesan/skyline points didapatkan pada setiap data yang masuk/kadaluarsa secara langsung. Dengan demikian, titik query yang banyak tidak mengurangi performa dari pencarian data. Pada proses pengujian, waktu komputasi algoritma CSdε lebih cepat 600 kali lebih cepat dan penggunaan memori 1500 lebih cepat kali lebih hemat daripada algoritma naive.
=======================================================================================================
This study aims to describe the design and implementation of skyline query processing applications on uncertain data streaming by moving points and immovable objects on the road network. In some cases, users need the best and fastest data retrieval and processing. Among the problems of data processing is the search for the most superior objects in spatial data. Highway network road network is one form of data that is spatial. The search for data on a highway network is relative to a particular query point. If the query point moves, it will need to reprocess the data. This method is less efficient because the cost of computing is highly dependent on the query point. If the query point always moves, it requires continuous processing that is not required for much computation when the query point changes.

The use of skyline queries in such cases becomes complex when in contact with uncertain streaming data and highway networks. This final project describes algorithm CSdε, the dominant data search method using Grid and R-Tree data structures. The results obtained in the form of roads along with the skyline points contained on the road. Data can enter and expire / expire. Incoming / expired stream data streaming on the system is processed one at a time and the result of skyline processing is obtained on each incoming / outdated data directly. Thus, many query points do not decrease the performance of data processing. In the testing process, CSdε algorithm computation time is 600 times faster and memory usage is 1500 times more efficient than the naive algorithm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: skyline query, uncertain data streaming, jaringan jalan raya
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syukron Rifail Muttaqi
Date Deposited: 23 Jun 2021 08:20
Last Modified: 02 Jul 2021 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54522

Actions (login required)

View Item View Item