Analisis Performa Pembakaran Pada Ruang Bakar Turbin Gas Model Jet-Stabilized Berbasis Computational Fluid Dynamic

Ramadhan, Mochammad Hafizh (2018) Analisis Performa Pembakaran Pada Ruang Bakar Turbin Gas Model Jet-Stabilized Berbasis Computational Fluid Dynamic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311440000032-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02311440000032-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan simulasi pembakaran dari eksperimen yang dilakukan oleh Bauer [1]. Dimana ia melakukan eksperimen pembakaran pada ruang bakar model jet-stabilized untuk melihat emisi gas buang dan karakteristik aliran yang terjadi. Pada penelitian ini simulasi yang dilakukan digunakan variasi jumlah inlet masukan jet-udara yang masuk pada ruang bakar untuk melihat efek dari kontur temperatur, emisi polutan Nox dan performansi ruang bakar.
Dari hasil kontur yang didapatkan diketahui bahwa pada variasi 2 inlet vertikal dan horizontal memiliki temperatur maksimum yang rendah sehingga nilai Nox yang dihasilkan juga ikut rendah yaitu sebesar 7,24 ppm dan 6,45 ppm. Sedangkan pada variasi inlet 4, 6, 8 dan 10 menghasilkan kontur yang memiliki fluktuasi suhu dan persebaran yang cukup tinggi sehingga menghasilkan nilai Nox yang tinggi pula yaitu sebear 8,6 ppm, 12,5ppm, 22,4 ppm dan 23,5 ppm.
Pada hasil efisiensi pembakaran diketahui adalah sebagai berikut yaitu 2 inlet vertikal dengan nilai 0,47, 2 inlet horizontal dengan nilai 0,4804, 4 inlet dengan nilai 0,4807, 6 inlet dengan nilai 0,493, 8 inlet dengan nilai 0,492, 10 inlet dengan nilai 0,488. efisiensi terbaik ada pada variasi 6 inlet yaitu sebesar 0,493 yang menandakan pencampuran udara dan bahan bakar dan reaksi pembakaran bahan bakar (C10H22) berada pada variasi 6 inlet.==================================================================performed by Bauer. Where he performs combustion experiments on the combustion chamber of the jet-stabilized model to see exhaust emissions and flow characteristics that occur. In this study the simulation used variations of the number of inlet jet-air inputs entering the combustion chamber to see the effect of temperature contour, Nox pollutant emissions and the performance of the combustion chamber.
From the results of contours it was found that the variation of 2 inlet vertical and horizontal has a low maximum temperature so that the value of Nox produced also low, followed by 7.24 ppm and 6.45 ppm. While the inlet variations 4, 6, 8 and 10 produce contours that have temperature fluctuations and high enough distribution to produce a high Nox value is at, 8.6 ppm, 12.5ppm, 22.4 ppm and 23.5 ppm.
The result of combustion efficiency is as follows: 2 vertical inlet with value 0,47, 2 inlet horizontal with value 0,4804, 4 inlet with value 0,4807, 6 inlet with value 0,493,8 inlet with value 0,492,10 inlet with value 0.488. the best efficiency is in the 6 inlet variation of 0.493 indicating mixing of air and fuel and the combustion reaction of fuel (C10H22) is in the 6 inlet variation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Combustion, Performance, Jet-Stabilized Combustor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mochammad Hafizh Ramadhan
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:32
Last Modified: 23 Jun 2021 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54594

Actions (login required)

View Item View Item