Perencanaan Alternatif Jalan Pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan – Sumenep Sta 120+000 – Sta 126+200 Provinsi Jawa Timur

Imani, Nurul (2018) Perencanaan Alternatif Jalan Pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan – Sumenep Sta 120+000 – Sta 126+200 Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
10111715000040-Undergradute_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang sedang berkembang di berbagai bidang seperti ekonomi pendidikan budaya dan lain-lain. Sehubungan dengan perkembangan tersebut pemerintah melakukan pengembangan daerah di wilayah Madura dengan membangun jalan alternatif yang nantinya akan menghubungkan Pamekasan sampai Sumenep . Jalan jalur alternatif ini akan dilewati kendaraan bermuatan besar sedangkan bila dilihat dari peta topografi rute jalan yang akan dilewati berupa dataran sehingga dibutuhkan perencanaan geometrik perkerasan jalan dan saluran tepi drainase yang baik. Perencanaan pembangunan jalan aleternatif Pamekasan – Sumenep ini terletak dalam wilayah Provinsi Jawa Timur tepatnya di wilayah Kabupaten Madura dibutuhkan pemilihan alinyemen vertikal dan alinyemen horizontal yang tepat untuk memperlancar arus lalu lintas serta kemudahan - kemudahan akses dengan memperpendek jarak tempuh dengan nyaman yang pada akhirnya akan dapat meningkatkanmelancarkan taraf hidup masyarakat dan mempercepat laju pertumbuhan perekonomian wilayah tersebut. Analisa perhitungan yang dilakukan pada perencanaan jalan ini diantaranya analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perhitungan perkerasan lentur dengan metode bina marga 1997 , kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan, Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-342-1994, dan perencanaan anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis harga Satuan Pokok (HSPK) Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 Hasil perencanaan Jalan Alternatif pada ruas jalan STA 120+000 – 126+200 didapat alinyemen geometrik datar dengan lebar jalan 7 meter dan bahu jalan 1,2 meter. Ruas jalan ini membutuhkan lapis perkerasan AC-WC sebesar 5 cm dan lapis perkerasan AC-BC sebesar 8 cm. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk Persegi menggunakan beton. Saluran tepi (drainase) menggunakan lebar dasar saluran sebesar 0,5 – 0,65 meter dan tinggi saluran 0,6 – 0,7 meter. Total estimasi biaya 24,859,360,000 Terbilang “Dua Puluh Empat Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah” ======================================================================================= Indonesia is an emerging country in areas such as the economy of cultural education and others. In connection with these developments, the government undertook regional development in the Madura region by building an alternative road which will link Pamekasan to Sumenep. This alternative pathway will be passed by a large-loaded vehicle whereas when viewed from the topographical map of the road route that will be passed in the form of plains so that the required geometric planning of road pavement and drainage drainage channel is good. Pamekasan - Sumenep Aleternatif road development planning is located within the area of East Java Province precisely in the region of Madura District required the selection of vertical alignment and horizontal alignment appropriate to facilitate the flow of traffic and ease - accessibility by shortening the distance with a comfortable that will ultimately be able to increase emit the standard of living of the people and accelerate the economic growth of the region. Analysis of the calculations performed on this road planning include road capacity analysis using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997, flexible pavement calculation with 1997 bina marga method, road geometric control using Road Geometric Planning, Drainage Planning with SNI 03-342- 1994, and cost budget planning using the technical guidebook of Unit Price Point (HSPK) Pamekasan district 2018. The result of planning of Alternative Road on road STA 120 + 000 - 126 + 200 obtained by geometric alignment of plains with road width 7 meter and road shoulder 1.2 meter. This road requires a 5 cm AC-WC pavement layer and an 8 cm AC-BC pavement layer. Planning of the edge channel (drainage) Square-shaped using concrete. The edge channel (drainage) uses a channel bottom width of 0.5 - 0.65 meters and a channel height of 0.6 - 0.7 meters. Amount of estimated cost 24,859,360,000 Spelled out: "Twenty Four Billion Eight Hundred Fifty Nine Million Three Hundred Sixty Thousand Rupiah"

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: 1. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”, 1997. 2. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga “ Spesifikasi Standart untuk Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota”,1997. 3. Sukirman, Silvia, “Dasar dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Nova, 1999. 4. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga “Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan”, (SNI 03-3424-1994) 5. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga “Buku Petunjuk Teknis Analisa Biaya Harga Satuan Pekerjaan”. 6. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga “ Spesifikasi Teknik Daerah Provinsi Jawa Timur”,2015
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Nurul .
Date Deposited: 12 Jul 2021 21:40
Last Modified: 12 Jul 2021 21:40
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/54644

Actions (login required)

View Item View Item