Perencanaan Struktur Gedung Hotel Fave Surabaya Dengan Metode Beton Pracetak

Sutrisno, Rahmat Dwi (2018) Perencanaan Struktur Gedung Hotel Fave Surabaya Dengan Metode Beton Pracetak. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000066_Non degree.pdf]
Preview
Text
10111410000066_Non degree.pdf - Accepted Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Bangunan gedung hotel Fave merupakan gedung beton bertulang yang terletak di kot Surabaya. Bangunan ini terdiri atas 11 lantai dengan struktur atap beton bertulang. Pada tugas akhir terapan ini akan dilakukan desain struktur hotel fave dengan menggunakan sistem struktur rangka pemikul momen khusus (SRPMK) dengan metode pracetak. Sistem SRPMK dipilih karena gedung ini berada pada Kategori Desain Sesmik D. Sedangkan metode pracetak dipilih karena gedung memiliki lantai yang tipikal.
Desain struktur termasuk perhitungan gempa yang dilakuna akan mengacu pada peraturan yang berlaku seperti SNI dan PCI. Proses perhitungan struktur meliputi analisa pembebanan, pemodelan struktur menggunakan software SAP2000, analisa gaya dalam, perhitungan penulangan, dan pengecekan elemen-elemen struktur. Luaran yang akan dihasilkan dari desain gedung hotel fave ini adalah berupa hasil perhitungan yang meliputi detail penulangan balok, kolom, pelat dan tangga yang dituangkan ke dalam bentuk gambar teknik. Selain itu pada tugas akhir terapan ini juga dibahas langkah – langkah metode pelakasanaan beton pracetak yang digunakan pada bangunan ini.
Hasil perencanaan gedung hotel Fave ini meliputi dimensi dari setiap element struktur. Sambungan antar elemen pracetak menggunakan sambungan basah dan konsol pendek. Berdasarkan hasil perhitungan, tebal pelat yang digunakan adalah 14 cm, dan dimensi kolom 75x75 cm. Selain itu, dimensi balok induk dan balok anak yang digunakan masing-masnig adalah 40/70 cm dan 30/50 cm.
================================================================================ The Fave hotel building is a reinforced concrete building which located in Surabaya. This building is consisting of 11 storey with reinforced concrete roof system. In this final project, the building was designed with special moment resisting frame system (SRPMK) using precast method. This system is chosen because the building is located in the Seismik Design Category D. Furthermore, the precast method is chosen because the building has a typical structural configuration for each floor.
The codes used in the structural design, including earthquake load calculation are SNI and PCI. The design steps in this final project are consist of load analysis, structural modeling using SAP 2000, structural response analysis, reinforcement calculation and final checking of all structural elements. The output of the design are the calculation result and engineering drawing of all structural elements. Moreover, this final project also discussed about step by step of precast method used in this building.
The design result of The Fave Hotel building is dimension of each structural element. Each element of precast member is connected using wet connection and short console. Based on the design calculation, the slab has 14 cm thickness and column dimension of 75 x 75 cm. Furthermore, the main and secondary beam has dimension of 40/70 cm and 30/50 cm respectively.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beton Pracetak, SRPMK, Sambungan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Rahmat Dwi Sutrisno
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:57
Last Modified: 23 Jun 2021 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54774

Actions (login required)

View Item View Item