Analisis Performansi Modulasi Adaptif pada Sistem Komunikasi VANET

Novfitri, Aisyah (2018) Analisis Performansi Modulasi Adaptif pada Sistem Komunikasi VANET. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
07111550032003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Komunikasi (vehicle-to-vehicle) V2V dan (vehicle-to-Infrastructure) V2I merupakan bagian dari teknologi VANET dengan physical layer menggunakan OFDM sesuai standart IEEE.802.11p. Beberapa faktor yang mempengaruhi performansi komunikasi V2V adalah gangguan pada sekitar lingkungan vehicle dan frekuensi Doppler karena perubahan kecepatan, sehingga dapat menurunkan performansi nilai BER dan kapasitas sistem. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis kinerja dari modulasi adaptif pada kanal V2V dengan adanya gangguan Doppler untuk meningkatkan nilai BER dan Kapasitas Kanal. Parameter modulasi adaptif sebagai penelitian ini adalah berdasarkan gain kanal yang terpengaruh oleh frekuensi Doppler yang berbeda-beda. Efek dari adanya gangguan frekuensi Doppler pada sistem komunikasi V2V memberikan nilai gain kanal yang fluktuatif, sehingga daya sinyal yang diterima akan mengalami kondisi yang berbeda-beda. Parameter modulasi adaptif untuk menggunakan modulasi BPSK, QPSK, dan 16-QAM ditentukan berdasarkan pengelompokkan nilai gain kanal yang berbeda-beda akibat frekuensi Doppler. Pengelompokkan nilai gain kanal berdasarkan nilai threshold yang telah ditentukan terlebih dahulu. Simulasi sistem pada penelitian ini, menggunakan tiga skema threshold modulasi adaptif sebagai unjuk kerja sistem yang dibandingkan dengan kinerja sistem menggunakan modulasi non-adaptif. Analisis berdasarkan hasil simulasi kinerja modulasi adaptif pada sistem V2V menunjukkan ketiga threshold modulasi adaptif dapat mempertahankan nilai BER sebesar 10-3 dengan SNR lebih rendah dibandingkan modulasi non-adaptif. Pada frekuensi Doppler normalisasi terbesar 0.01, threshold adaptif (0.25 dan 0.5) membutuhkan SNR 26 dB agar dapat mencapai BER 10-3 dan kapasitas kanal mengalami peningkatan mencapai hingga 190% dibandingkan dengan kapasitas kanal modulasi non-adaptif yaitu modulasi BPSK. Analisis kinerja modulasi adaptif berdasarkan parameter alokasi gain kanal memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perfromansi modulasi non-adaptif pada sisi kebutuhan SNR untuk mencapai BER 10-3 dan kapasitas kanal. ============================================================ V2V (vehicle-to-vehicle) and V2I (vehicle-to-Infrastructure) are part of VANET technology with physical layer using OFDM according to IEEE.802.11p standard. Several factors that influence V2V communication performance are disturbances in the vicinity of the vehicle environment and Doppler frequency due to changes in speed, so that it can reduce the performance of BER values and system capacity. In this study, performance analysis of adaptive modulation on V2V channels has been carried out in the presence of Doppler interference to increase BER value and channel capacity. The adaptive modulation parameters as this study are based on channel gain that is affected by different Doppler frequencies. The effect of Doppler frequency interference on V2V communication system gives fluctuating channel gain value, so that received signal power will experience different conditions. The adaptive modulation parameters for using BPSK, QPSK, and 16 QAM modulations are determined by grouping different channel gain values due to Doppler frequency. Grouping channel gain values based on predetermined threshold values. The system simulation in this study, using three adaptive modulation threshold schemes as system performance compared to system performance using non-adaptive modulation. Analyzes based on simulation results of adaptive modulation performance on V2V systems show that three adaptive modulation thresholds can maintain a BER value of 10-3 with lower SNR than non-adaptive modulation. At the largest normalized Doppler frequency 0.01, adaptive threshold (0.25 and 0.5) requires SNR 26 dB to reach BER 10-3 and channel capacity increased up to 190% compared to non-adaptive modulation channel capacity (BPSK modulation). Analysis of adaptive modulation performance based on channel gain allocation parameters gives better results compared to non-adaptive modulation perfromance on the SNR needs side to achieve BER 10-3 and channel capacity.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: V2V, Frekuensi Doppler, Threshold, Modulasi Adaptif
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Aisyah Novfitri
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:56
Last Modified: 24 Jun 2021 03:56
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/54901

Actions (login required)

View Item View Item