Schedule Request dan Event Reminder Pada Aplikasi Finding Tutor

Wirana, I Made Fandy Aditya (2018) Schedule Request dan Event Reminder Pada Aplikasi Finding Tutor. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000026-I-Made-Fandy-Aditya-Wirana-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
05111440000026-I-Made-Fandy-Aditya-Wirana-Buku_TA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Finding Tutor merupakan aplikasi Android untuk mempertemukan Murid dengan Guru/Tutor. Murid akan mengirim pencarian tutor lalu Tutor akan menerima pencarian tersebut. Terdapat aplikasi yang mirip dengan Finding Tutor. Aplikasi tersebut bernama Ruangguru. Ruangguru memiliki beberapa fitur yang salah satunya adalah mencari guru les privat yang mirip dengan Finding Tutor ini. Namun pada kedua aplikasi tersebut ada yang kurang, yakni otomatisasi.
Pada aplikasi Finding Tutor, Murid harus selalu melakukan pengecekan, apakah pencarian yang dibuat olehnya sudah diterima atau belum. Begitu juga dengan Tutor, harus selalu mengecek aplikasi apakah ada pencarian tutor baru yang datang atau tidak. Pada fitur pencarian guru les privat pada aplikasi Ruangguru, peran aplikasi hanya sebatas Murid memilih Tutor yang diinginkan. Selanjutnya akan dihubungi via personal, baik untuk konfirmasi Tutor oleh Tim Ruangguru maupun ketika sudah mulai les oleh Tutor yang bersangkutan. Kedua hal ini bisa menyebabkan kelupaan yang berujung pada penundaan bahkan pembatalan pertemuan tutor.
Pada tugas akhir ini, permasalahan tersebut akan ditangani dengan penambahan fitur baru pada Aplikasi Finding Tutor. Fitur yang akan ditambah adakah Schedule Request dan Event Reminder. Pada Fitur Schedule Request, memiliki tiga sub-fitur, yaitu Multiple Request yakni pencarian tutor secara terjadwal, Instant Request yakni pencarian tutor secara instan dan Manage Schedule yakni pengaturan agenda pertemuan tutor. Fitur event reminder berupa notifikasi yang mengingatkan kejadian-kejadian transaksi yang terjadi. Terdapat empat notifikasi pada fitur ini. Notifikasi adanya request tutor datang dan request tutor diterima, notifikasi pengingat pertemuan harian, notifikasi pengingat keterlambatan dan notifikasi ada request datang berdasarkan alamat yang paling sering diterima Tutor. Diharapkan dengan penambahan kedua fitur ini aplikasi bisa lebih nyaman digunakan serta menghindari adanya kejadian lupa pertemuan tutor.
Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dengan metode blackbox dan kuisioner, dapat disimpulkan fitur yang dibangun berfungsi dengan baik serta kegunaan dari fitur tercapai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Notifikasi, Penjadwalan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wirana I Made Fandy Aditya
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:42
Last Modified: 23 Jun 2021 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54927

Actions (login required)

View Item View Item