Modifikasi Desain Struktur Jembatan Ratna dengan Menggunakan Struktur Baja Komposit Jalan Ratna – Darmokali Kota Surabaya, Jawa Timur

Jayanegara, Habibie Hadiputra and Ariska, Oni Dalis Arumnia (2018) Modifikasi Desain Struktur Jembatan Ratna dengan Menggunakan Struktur Baja Komposit Jalan Ratna – Darmokali Kota Surabaya, Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111500000020-10111500000149-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10111500000020-10111500000149-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Jembatan Ratna terletak di Kota Surabaya yang melewati Sungai Kalimas yang masuk dalam Proyek Pemerintah Kota Surabaya dengan dana CSR dari PT Bumiputera. Jembatan ini memiliki panjang 29,4 m dengan lebar 19,40 m didesain dengan 5 lajur kendaraan dan pedestrian di sisi kanan dan kiri jembatan. Jembatan ini melintasi sungai Kalimas yang menghubungkan Jalan Ratna dengan Jalan Bengawan Surabaya dengan kedalaman ± 2,97 meter dari mukai air sungai terhadap elevasi dasar sungai. Jembatan ini awalnya menggunakan balok pratekan pada struktur girder. Penulis memodifikasi desain girder jembatan menjadi balok komposit baja pada struktur girder. Jembatan Ratna digunakan sebagai objek tugas akhir untuk memodifikasi desain struktur jembatan meliputi bangunan atas meliputi: pelat lantai dan bangunan pengaman lainya menggunakan SNI 1726-2016. Perencanaan sambungan mengacu pada AISC-LRFD.
Perencanaan bangunan bawah meliputi : pilar, abutment, pondasi, tiang pancang, dan elastomer mengacu pada RSNI 2T-12-2004 serta SNI 2833:2013 Standar Perencaanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan. Jembatan Ratna didesain ulang menggunakan struktur baja komposit dengan bentang jembatan 29,4 meter. Jembatan didesain menggunakan profil gelagar memanjang W 900 x 300 x 16 x 28 dan profil diafragma W 300 x 300 x 10 x 15. Ditengah jembatan juga didesain pilar menggunakan beton yang kuat terhadap aliran air dan benda hanyut aliran sungai. Pada bagian pondasi juga didesain menggunakan spun pile diameter 500 mm sebanyak 16 buah pada abutment dan 20 buah pada pilar.
Dari perhitungan desain yang dimodifikasi dari struktur Jembatan Ratna diperoleh bentuk tiang sandaran dengan dimensi 200mm x 200mm dengan tinggi 1,25 m, pelat lantai kendaraan dengan tebal 250 mm. Jembatan ini juga akan dipasang elastomer berdimensi 300 x 500 x 73 mm.
==================================================================================================================
Ratna Bridge is located in Surabaya City passing through Kalimas River which is included in Surabaya City Government Project with CSR fund from PT Bumiputera. This Bridge has 29,4 meters of length, and 19,40 meters of width designed with 5 lanes of vehicles and pedestrian on the right and left side of the bridge. This bridge across Kalimas River connects Ratna Street with Bengawan Street Surabaya with ± 2.97 meters above the river water level to the riverbed. This bridge initially used prestressed beams on the girder structure. The author modified the bridge girder design to steel composite beam in the girder structure. Ratna Bridge is used as the final task object to modify the design of the bridge structure covering the upper building includes: floor plates and other security buildings using SNI 1726-2016. Connection planning refers to AISC-LRFD. Bottom structure planning includes : pillar,abutment,fondation,pile, and elastomers are refer to RSNI 2T-12-2004 and SNI 2833:2013 "Standar Perencanan Ketahanan Gempa untuk Jembatan" (Earthquake Resilience Planning Standards for Bridges). Ratna Bridge is being redesigned using composite stell structure with bridge width of 29,4 meters. Bridge Class being redesigned using extend girder profile of W 900 x 300 x 16 x 28 and diaphragm W 300 x 300 x 10 x 15. In the middle of the bridge also designed using concrete pillar which could hold the waterflow and float off objects. On the foundation part also designed using spun pile with 500mm of diameters,16 piles for abutment and 20 piles for pillars. From the calculation of the modified stucture of Ratna Bridge,the obtained shape of the support pole is 200mm x 200mm with 1,25 m of height, vehicles floor plate with 250mm of thickness. Elastomer with dimension of 300 x 400 x 73 mm will also installed on this bridge.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Abutment, elastomer, continuous beam, spun pile, Composite Bridge
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Oni Dalis Arumnia Ariska
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:31
Last Modified: 24 Jun 2021 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54992

Actions (login required)

View Item View Item