Aplikasi Penerjemah Gambar Teks Berbahasa Inggris Menggunakan Teknologi Realitas Tertambah Pada Perangkat Berbasis Android

Wiguna, Antonius Kevin (2018) Aplikasi Penerjemah Gambar Teks Berbahasa Inggris Menggunakan Teknologi Realitas Tertambah Pada Perangkat Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000132_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000132_Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam lingkungan dunia nyata, banyak informasi berupa teks yang disajikan menggunakan bahasa yang tidak kita mengerti. Informasi tersebut bisa kita temui di tempat-tempat umum. Biasanya, diperlukan alat bantu untuk memahami tulisan dalam bahasa asing tersebut. Kemudahan dan kecepatan dalam penggunaan alat penerjemah menjadi penting terutama bila kita sedang berada di tempat umum.
Untuk itu, diajukan pengembangan sebuah aplikasi yang mampu menerjemahkan teks yang mudah digunakan. Pengguna memilih gambar teks yang ingin diterjemahkan dari tampilan kamera aplikasi dengan menyentuh gambar teks yang diinginkan. Area gambar teks diambil menggunakan algoritma berbasis deteksi tepi pada gambar. Teks dikenali menggunakan Optical Character Recognition (OCR) dengan bantuan pustaka Tesseract dan diterjemahkan menggunakan bantuan Yandex. Translate API. Hasil penerjemahan akan ditampilkan menggunakan konsep realitas tertambah, di mana hasil akan ditampilkan langsung pada tampilan kamera di aplikasi. Aplikasi ini dibuat untuk berjalan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Penerjemahan yang dapat dilakukan adalah penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode kotak hitam untuk menguji setiap komponen aplikasi dan dengan melakukan pengujian ke sejumlah orang untuk mengetahui kenyamanan dalam menggunakan aplikasi. Pengujian menunjukkan hasil yang cukup baik untuk pengambilan area region of interest (ROI) dan proses mendapatkan hasil terjemahan, Hasil pengujian pada pengguna menjukkan bahwa pengguna puas dengan kenyamanan, performa, dan kemudahan penggunaan aplikasi.
===============================================================================================
In the real life environment, there are so many text information that is written in languages that we don’t understand. We can find those information in public places. Usually, we need a tool to understand information written in foreign languages.. Ease and speed in using translation tools become important especially when being used in public places.
For that problem, a development for an aplication that can translate text through camera view Users choose text image that they want to translate from the camera view by touching the desired text image. Text image area obtained by using an edge detection based algorithm. Text image is recognized using Optcal Character Recognition (OCR) with Tesseract library and then will be translated using Yandex. Translate API. Translation results will be displayed using augmented reality concept, where the result is showed directly on the application’s camera view. The application supports English to Bahasa Indonesia translation.
Application testing is done by using blacbox method to test every application components and by doing testing to some people to know the comfortness when the application is being used by its users. Testing result shows quite good results for ROI are obtaining method and translation result creation method. User testing results shows that users are satisfied with application comfort, performance, and ease of use.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.8 Wig a-1 2018
Uncontrolled Keywords: Penerjemah, Gambar Teks, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Realitas Tertambah, Android
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Antonius Kevin Wiguna
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:32
Last Modified: 15 Jun 2021 04:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55017

Actions (login required)

View Item View Item