Penambahan Tag tentang Event pada Metadata Artikel Sejarah Indonesia di Dbpedia

Acantya, Humaira Tri (2018) Penambahan Tag tentang Event pada Metadata Artikel Sejarah Indonesia di Dbpedia. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 05111440000116-Humaira-Tri-Acantya-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
05111440000116-Humaira-Tri-Acantya-Buku_TA.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan peristiwa bersejarah. Saat ini, di Wikipedia sudah tersedia ribuan artikel catatan peristiwa bersejarah Indonesia. Untuk mempermudah memodelkan keterhubungan antar satu peritiwa dengan peristiwa yang lain dapat memanfaatkan metadata yang telah disediakan oleh id.dbpedia.org dan file dump wikipedia. Namun, hingga saat ini masih terdapat metadata mengenai peristiwa bersejarah yang belum dapat dikenali sebagai member dari class event oleh id.dbpedia.org. Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah mengembangkan aplikasi yang dapat memperkaya tagging suatu peristiwa bersejarah sehingga dapat dikenali sebagai bagian dari class event secara otomatis untuk mengetahui fakta dan keterhubungan antar peristiwa bersejarah. Proses memperkaya tagging memanfaatkan library Apache Jena, dengan ontology yang sudah disediakan oleh dbpedia dan LODE, lalu selanjutnya hasil tagging akan disimpan pada Apache Jena Fuseki. Proses pengkuerian menggunakan SPARQL.
================================================
Indonesia is rich with historical event. Currently, Wikipedia already provide million articles about Historical event of Indonesia. The use of metadata provided by id.dbpedia.org and Wikipedia dump files is to make relation modelling between events easier. However there’s still exist metadata of historical events that has not been recognized yet as a member of class event by id.dbpedia.org. The purpose of this thesis is to develop application that can be used to enrich the tagging of a historical event automatically to perceive facts and relations between historical events. Tagging enrichment process uses Apache Jena library, with ontology peovided by dbpedia and LODE, then the tagging result stored in Apache Jena Fuseki. Query process is done using SPARQL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Aca p-1 3100018076923
Uncontrolled Keywords: Peristiwa Sejarah, Ontologi, Event Tagger, Apache Jena, Apache Jena Fusei, Sparql, Lode, Wikipedia, Wikipedia dump, Dbpedia
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Humaira Tri Acantya
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:20
Last Modified: 27 Nov 2020 05:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55036

Actions (login required)

View Item View Item