Rancang Bangun Hidroponik Nutrient Film Technique Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy Berbasis Konduktivitas Listrik Dan Citra

Mashumah, Siti (2018) Rancang Bangun Hidroponik Nutrient Film Technique Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy Berbasis Konduktivitas Listrik Dan Citra. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111650040008-Megister_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111650040008-Megister_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor penting bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi sayuran meningkat setiap tahunnya yang berdampak masyarakat mengalami kekurangan gizi sayuran. Seiring perkembangan teknologi, saat ini telah banyak penelitian yang membuat sebuah solusi bagi sektor pertanian untuk budidaya sayuran di lahan yang sempit dengan menggunakan metode hidroponik.Nutrient Film Technique (NFT) merupakan satu metode budidaya tanaman hidroponikdimana akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga akan mendapatkan nutrisi, air, dan okigen secara terus menerus. Pakcoy merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan metode hiroponik NFT dengan masa panen membutuhkan waktu 40 hari. Parameter yang dibutuhkan pada NFT adalah pemberian nutrisi yang tepat pada tanaman berdasarkan usia dan jenis tanaman. Untuk mengatur tingkat nutrisi menggunakan kontrol logika fuzzy yang diterapkan pada hidroponik NFT. Sensor kamera digunakan untuk mendeteksi usia tanaman menggunakan metode pengolahan citra digital dengan mengambil nilai histogram citra saturasi pada gambar tanaman.Usia tanaman 1 – 10 hari Pakcoy memiliki nilai saturasirata-rata sebesar 24.83 dan usia 21 – 40 hari memiliki nilaisaturasi rata-rata sebesar 52.5. Sensor konduktivitas listrik (EC) digunakan untuk mendeteksi konsentrasi larutan nutrisi A dan B yang akan diberikan pada tanaman. Konsentrasi larutan nutrisi A sebesar 25.168 mS/cm dan konsentrasi larutan nutrisi sebesar 117.8 mS/cm. Konsentrasi larutan yang dibutuhkan oleh tanaman Pakcoy pada usia 1-20 hari membutuhkan konsentrasi nutrisi A dan B sebesar 1.6 – 2.7 mS/cm dan pada usia 21-40 hari membutuhkan konsentrasi nutrisi A dan B sebesar 2.8 – 3.5 mS/cm. Untuk itu dibutuhkan kontrol konsentrasi larutan menggunakan logika fuzzy. Hasil pengujian menunjukkanbahwa logika fuzzy berhasil mempertahankan nilai EC sesuai setpoint yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: electricital conductivity, fuzzy logic, image processing, hydroponics system
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: siti mashumah
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:03
Last Modified: 24 Jun 2021 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55074

Actions (login required)

View Item View Item