Optimasi Kuat tarik dan Ketahanan Slip Pada Proses Vulkanisasi Sol Karet Dengan Gabungan Metode Taguchi dan Grey Relational Analysis (Studi kasus di CV. XYZ Sidoarjo

Alam Yudha, Fajar (2018) Optimasi Kuat tarik dan Ketahanan Slip Pada Proses Vulkanisasi Sol Karet Dengan Gabungan Metode Taguchi dan Grey Relational Analysis (Studi kasus di CV. XYZ Sidoarjo. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650013002-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650013002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (888kB) | Preview

Abstract

Sol karet adalah salah satu produk dari CV. XYZ yang memiliki 2 karakteristik kualitas yang kritis (Critical To Quality characterictic/CTQ), yaitu kuat tarik dan ketahanan slip. Spesifikasi kuat tarik dan ketahanan slip sol karet masing-masing adalah minimal 4,9 MPa dan 0,14. Selama ini kuat tarik dan ketahanan slip sol karet dari proses vulkanisasi masih banyak yang belum memenuhi spesifikasi. Hal ini menyebabkan banyaknya produk sol karet yang cacat.
Agar CTQ kuat tarik dan ketahanan slip sol karet dapat memenuhi spesifikasi, dilakukan penelitian untuk menentukan level-level dari parameter proses vulkanisasi yang dapat memaksimalkan kuat tarik dan ketahanan slip secara serentak. Parameter-parameter proses adalah suhu cetakan, tekanan cetakan dan waktu tahan. Karena ada tiga parameter proses dengan tiga level, maka rancangan eksperimen yang digunakan adalah matriks ortogonal L9. Kombinasi metode Taguchi dan grey relational analysis (Taguchi-GRA) digunakan untuk mengoptimasi proses vulkanisasi dengan karakteristik multi respon (kuat tarik dan ketahanan slip). Selain itu juga dihitung penurunan biaya kerugian dengan menggunakan level-level dari parameter-parameter proses hasil optimasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan cetakan adalah parameter proses yang mempunyai kontribusi paling besar dalam mengurangi variansi total dari kedua CTQ yang diamati secara serentak. Untuk memaksimalkan CTQ kuat tarik dan ketahanan slip maka suhu cetakan diatur pada 1550C, tekanan cetakan diatur pada 90 bar dan waktu tahan diatur pada 2 menit. Penurunan kerugian yang didapatkan pada proses vulkanisasi dengan menggunakan pengaturan yang dapat memaksimalkan CTQ kuat tarik dan ketahanan slip secara seretak adalah sebesar 29,18%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: suhu cetakan, tekanan cetakan, waktu tahan, kuat tarik, ketahanan slip, Taguchi-Grey Relational Analysis (GRA)
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fajar Alam Yudha
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:07
Last Modified: 24 Jun 2021 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55164

Actions (login required)

View Item View Item