Penentuan Tipologi Daya Tarik Wisata Pusaka Berdasarkan Teori Siklus Hidup Pariwisata di Kota Surabaya

Najwa, Witri (2018) Penentuan Tipologi Daya Tarik Wisata Pusaka Berdasarkan Teori Siklus Hidup Pariwisata di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440007005_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440007005_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Sebagai kota tua, Surabaya memiliki banyak bangunan peninggalan bersejarah terutama di kawasan Surabaya Utara yang berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata pusaka. Meskipun memiliki banyak potensi wisata pusaka, pemerintah Kota Surabaya belum memanfaatkan potensi tersebut dengan maksimal. hal itu dapat dilihat dari tren kunjungan wisatawan yang tidak merata. Ketidakmerataan tren kunjungan wisata tersebut menjadi permasalahan utama objek pada wisata pusaka. Ketidakmerataan tersebut disebabkan oleh perkembangan setiap objek wisata yang berbeda-beda begitu juga dengan ketersediaan sarana prasarana yang masih minim pada sebagian objek wisata. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mencari tahapan perkembangan objek wisata pusaka. Tahapan perkembangan objek wisata dapat ditentukan dengan menggunakan teori siklus hidup pariwisata (Tourism Area Life Cycle Theory).
Penelitian ini memiliki empat sasaran yaitu : pertama, mengidentifikasi karakteristik kawasan wisata pusaka di Kota Surabaya. Kedua, merumuskan kriteria siklus hidup wisata berdasarkan karakteristik wisata pusaka. ketiga, merumuskan tipologi kawasan wisata pusaka berdasarkan teori siklus hidup pariwisata di Kota Surabaya. Keempat, merekomendasi pengembangan wisata pusaka di Kota Surabaya berdasarkan tipologi siklus hidup pariwisata. Untuk analisis sasaran yang pertama menggunakan teknik analisa deskriptif kualitat. untuk analisis sasaran kedua menggunakan content analysis, untuk analisa sasaran ketiga dan keempat menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wisata pusaka sebagian besar merupakan bangunan dan koleksi bersejarah yang digunakan sebagai wisata edukasi. fase perkembangan objek wisata pusaka yang terdapat di Kota Surabaya dikelompokkan menjadi empat yang terdiri dari fase exploration, fase involvement, fase development dan fase konsolidasi. Pengembangan objek wisata secara umum lebih kepada penambahan jenis atraksi, sarana prasarana penunjang wisata, penyediaan bus khusus wisata heritage dan peningkatan kegiatan promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.558 Naj p-1 3100018077028
Uncontrolled Keywords: Tipologi, Wisata Pusaka, Siklus Hidup Pariwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Najwa Witri
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:27
Last Modified: 03 Dec 2020 04:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55180

Actions (login required)

View Item View Item