Arahan Penataan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Kedungcowek Surabaya Menggunakan Konsep Land Readjustment

Ardi, Amirul (2018) Arahan Penataan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Kedungcowek Surabaya Menggunakan Konsep Land Readjustment. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211440000045-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08211440000045-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kawasan prioritas kumuh di Kota Surabaya yaitu permukiman nelayan yang berada di Pantai Utara Surabaya, tepatnya di Kelurahan Kedungcowek. Kekumuhan permukiman Kedungcowek ditunjukkan dengan belum jelasnya legalitas lahan hunian, buruknya kondisi fisik bangunan serta masih kurangnya ketersediaan sarana umum kebutuhan permukiman nelayan yang berdampak pada kondisi prasarana dasar yang tidak sesuai dengan standar teknis penunjang permukiman. Tujuan dari penilitan ini adalah merumuskan skenario penataan permukiman kumuh dengan konsep Land Readjusment.
Penelitian ini melalui tiga tahap analisis. Tahap pertama dengan anailsis statistik deskriptif dan mapping untuk menganalisisi karakteristik permukiman kumuh nelayan di Kedungcowek. Selain itu teknik analisis Skoring dan Theoritical Descriptive digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam penerapan konsep land readjustment. Selanjutnya hasil analisis dari dua tahap sebelumnya digunakan untuk perumusan arahan penataan permukiman kumuh nelayan dengan konsep land readjustment dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu skenario pembagian lahan atas kesepatakan pemilik lahan terkait kontribusi lahan yang terdiri dari tiga pilihan yang didapatkan dari kesepakatan dengan pemilik lahan. Adapun ketiga opsi tersebut 75% untuk pemilik lahan dan 25% untuk kepentingan umum, 70% untuk pemilik lahan dan 30% untuk kepentingan umum, serta 60% untuk pemilik lahan dan 40% untuk kepentingan umum. Dengan kontribusi lahan dari masyarakat, maka akan tercukupinya kebutuhan sarana umum penunjang permukiman nelayan, selain itu juga didapatnya lahan cadangan yang nantinya dapat dimanfaatkan. Tata letak bangunan menjadi lebih proposional dan kondisi fisik bangunan menjadi permanen serta kejelasan status kepemilikan lahan menjadi sertifikat hak milik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsep land readjustment, penataan permukiman kumuh, skenario pembagian lahan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN690.5 Slums
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Amirul Ardi
Date Deposited: 13 Jul 2021 23:23
Last Modified: 13 Jul 2021 23:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55239

Actions (login required)

View Item View Item