Desain dan Implementasi Aplikasi untuk Menjawab Permasalahan Why-Not pada Reverse Skyline Queries Menggunakan Incomplete Data

Connery, Tosca Yoel (2018) Desain dan Implementasi Aplikasi untuk Menjawab Permasalahan Why-Not pada Reverse Skyline Queries Menggunakan Incomplete Data. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000061-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111440000061-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ada banyak sekali produk dengan spesifikasi berbeda-beda dijual dipasaran. Jumlah masyarakat yang menjadi konsumen dari produk-produk tersebut juga sangat banyak. Tiap konsumen mempunyai preferensi uniknya masing-masing sehingga daftar produk yang diminati oleh seorang konsumen akan berbeda dengan konsumen lainnya. Hal ini menyebabkan sebuah produk dengan spesifikasi tertentu hanya akan diminati oleh sebagian kalangan yang memiliki preferensi mendekati spesifikasi dari produk tersebut. Teknologi informasi yang telah berkembang seperti sekarang dapat digunakan dalam memecahkan masalah seperti ini demi membantu produsen dalam memaksimalkan jumlah konsumen yang bisa diperolehnya. Hal ini bisa dicapai dengan membuat sebuah sistem yang bisa memberikan rekomendasi penyesuaian spesifikasi produk agar mendapatkan perhatian konsumen yang diinginkan tanpa kehilangan satu pun konsumen yang telah dimilikinya dengan menggunakan preferensi dari tiap konsumen yang ada. Dalam bidang jaringan dan basis data, permasalahan ini disebut dengan problem why-not pada reverse skyline queries. Di dunia nyata, sering kali ditemui data preferensi yang tidak lengkap, baik karena rusak, hilang, ataupun privasi. Sistem ini bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan metode ISkyline dan berhasil memberikan rekomendasi paling efisien tanpa kehilangan satupun konsumen yang telah ada.
===========================================================
There are many products with different specifications sold in the market. The number of people who become consumers of these products is also too much. Each consumer has their unique preference that makes their list product of interest differs from other consumers. It makes some product will only be attractive for some people who have a preference like its specification. Information technology that has developed as now can be used to solve problems like this to assist producers in maximizing the number of obtained consumers. It can be accomplished by a system that can give recommendation customizing product specifications with the intention to get the desired consumer attention, without losing any of its existing customers by using the customer preferences. In the field of networks and databases, this problem is called the why-not questions in reverse skyline queries. In the real world, often encountered incomplete data preference, either because of damage, loss or privacy. This system can solve the problem by using ISkyline method and managed to provide the most efficient recommendation without losing any existing customers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Data Engineering, Incomplete Data, Reverse Skyline Queries, Why-Not
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tosca Yoel Connery
Date Deposited: 25 Jun 2021 00:08
Last Modified: 25 Jun 2021 00:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55242

Actions (login required)

View Item View Item