Studi Keanekaragaman dan Kelimpahan Meiofauna Epifit pada Daun Lamun Pantai Bama dan Pantai Kajang Taman Nasional Baluran

Prayogi, Rifqianingrum Ayu (2018) Studi Keanekaragaman dan Kelimpahan Meiofauna Epifit pada Daun Lamun Pantai Bama dan Pantai Kajang Taman Nasional Baluran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 01311340000080 - Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
01311340000080 - Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu daya tarik wisata terbesar di Taman Nasional Baluran adalah kawasan pantainya, termasuk Pantai Bama dan Kajang. Kedua pantai ini memiliki area padang lamun yang luas dan diperkirakan akan terdampak oleh kegiatan pantai. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan meiofauna epifit yang berada di Pantai Bama sebagai pantai yang ramai pengunjung dan Pantai Kajang sebagai pantai yang sepi pengunjung. Sampel yang diambil merupakan meiofauna epifit pada daun lamun Enhalus acoroides, Thalassia hemprichii, Cymodocea spp. dengan menggunakan kantong plastik (dimodifikasi dengan ujung dilubangi dan ditutup dengan jaring plankton berukuran 0,063 mm). Variabel pengamatan adalah kelimpahan dan keanekargaman meiofauna epifit dengan pengambilan titik sampel menggunakan metode acak dan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan indeks keanekaragaman Shannon – Wiener (H’) dan Indeks Kemerataan Pielou (J). Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah, didominansinya dari ordo Harpacticoida dan tidak terdapat perbedaan rata-rata jumlah taksa dan kelimpahan meiofauna epifit pada daun lamun di kedua pantai.
=========================================================
One of the biggest tourist attractions in Baluran National Park is the beach, including Bama and Kajang Beach. Both of these beaches have a large area of seagrass beds and expected to be find out the diversity and abundance of epiphytic meiofauna in Bama Beach as a crowded beach of visitors and Kajang beach as deserted beach. Epiphytic meiofauna were taken on the seagrass leaves of Enhalus acoroides, Thalassia hemprichii, Cymodocea spp. using a modified plastic bag (modified with a hollowed end and covered with a 0.063 mm plankton net). The variables were abundance and diversity of epiphytic meiofauna and the sample point were taken using random method and analyzed by quantitative descriptive by using Shannon - Wiener (H ') diversity index and Pielou Evenness Index (J). The results obtained from this study are order Harpacticoida was dominant and there is no difference of average number of taxa and abundance of epiphytic meiofauna on the leaves of seagrass on both beaches.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman dan Kelimpahan, Meiofauna Epifit, Padang Lamun, Pantai Bama dan Kajang, Taman Nasional Baluran.
Subjects: Q Science > QH Biology > QH541 Ecology
Q Science > QH Biology > QH91.8.S64 Species diversity
Divisions: Faculty of Natural Science > Biology > 46201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rifqianingrum Ayu Prayogi
Date Deposited: 25 Jun 2021 00:00
Last Modified: 25 Jun 2021 00:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55280

Actions (login required)

View Item View Item