Rumah Singgah Pengembangan Keterampilan untuk Anak Jalanan di Sidotopo, Surabaya

Harianto, Temmy Vebriana (2018) Rumah Singgah Pengembangan Keterampilan untuk Anak Jalanan di Sidotopo, Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000077-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000077-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak dari kemiskinan adalah munculnya anak jalanan. Anak-anak yang tidak mengerti apa-apa pun menjadi korban ketika orang tua mereka sibuk mencari uang. Akibatnya pun ada anak yang turut membantu orang tua tersebut untuk terjun di jalan mencari uang dan beberapa lainnya memilih untuk turun ke jalan karena merasa tidak diperhatikkan di rumah. Prihatin dengan kondisi yang demikian maka penulis akan membuat sebuah obyek rancang yang mempunyai fungsi bangunan sebagai rumah singgah yang mempunyai program untuk mengembangkan keterampilan dari setiap anak jalanan ini. Agar semua anak jalanan yang memang bekerja di jalan tetap mendapatkan pendidikan secara layak.
Dengan pendekatan arsitektur perilaku, tujuan akhir dari rumah singgah ini adalah dapat mewadahi segala bentuk aktivitas dari proses pengembangan keterampilan anak jalanan dan dapat mempengaruhi cara berpikir dan merubah sedikit demi sedikit sikap ”kebebasan” ketika anak jalanan tersebut berada di jalanan agar diterima kembali dengan baik oleh masyarakat. Dengan konsep ”kontras dengan wilayah sekitar” diharapkan rumah singgah ini dapat menjadi wajah baru yang ditemui oleh anak jalanan dan mengurangi rasa bosan dan pandangan ”tidak suka” mereka pada fasilitas rumah singgah selama ini. Khususnya pada daerah Sidotopo ini, karena pada wilayah ini menduduki posisi ke-4 terbanyak dalam jumlah anak jalanan. Tetapi belum adanya fasilitas untuk mengembangkan anak jalanan di wilayah ini. Dan wilayah ini pun mempunyai potensi untuk berkembang dan mengurangi jumlah anak jalanan yang ada.
========================================================================================================
One of the effects of poverty was the emergence of street children. Children who don't understand anything else became victim when their parents are busy at work. As a result it is the children who helps people the old to plunge on the road looking for money and some others choose to take to the streets because it did not feel cared at home. Concerned with the conditions, then the author will create a design that functions as a shelter home building has a program to develop the skills of each of these street children. So all the street children who toiled on the road still get decent education.
With the approach of the architectural behavior, the ultimate goal of these home shelter are able to accomodate any activity from the process of developing the skills of street children and can affect the way of thinking and change little by little attitude’ "freedom" when the street children were in the streets in order to be accepted back by the community. With the concept of "contrast" in the expected home shelter can be a new face who encountered by street children and reduce boredom and views "do not like" they were on a home shelter facilities during this time. Especially in the area of Sidotopo, because in this area the positions most in the number of street children. But not the existence of facilities for developing the street children in the region. And this area has the potential to grow and reduce the number of street children.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 711.58 Har r-1 3100018077774
Uncontrolled Keywords: rumah singgah, perilaku anak jalanan, pengembangan keterampilan, Sidotopo
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Temmy Vebriana Harianto
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:59
Last Modified: 03 Dec 2020 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55290

Actions (login required)

View Item View Item