Integrasi Pengolahan Data Seismik Refleksi dan Gravitasi Dalam Pencitraan Bawah Permukaan Lingkungan Sub-Vulkanik

MacArthur, Jeremy Gohitua (2018) Integrasi Pengolahan Data Seismik Refleksi dan Gravitasi Dalam Pencitraan Bawah Permukaan Lingkungan Sub-Vulkanik. Undergraduate thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03411440000017 - Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03411440000017 - Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan dari beberapa jenis batuan yang merupakan batuan vulkanik yang berasal dari deposisi sub-vulkanik dapat menciptakan litologi kompleks dengan kerumitan respon gelombang pada reservoir level. Reflektor vulkanik yang diidentifikasi dari data seismik sangat rancu. Dibutuhkan integrasi dari beberapa metode untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan prediksi keberadaan reservoir pada lingkungan pengendapan kompleks. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data forward modelling dari zona sub-vulkanik cekungan Serayu Utara. Frekuensi rendah metode seismik dan metode gravitasi diharapkan dapat memberikan gambar terbaik penampang seismik dan informasi yang berelasi terhadap petroleum system di lingkungan zona sub-vulkanik, dimana pengolahan data seismik dengan metode konvensional tidak mampu bekerja dengan baik dan memberikan penggambaran yang kurang jelas terkait karakteristik gelombang yang memiliki resolusi rendah secara vertikal maupun horizontal. Pengintegrasian data dilakukan dalam proses pengolahan data. Model kecepatan pada data seismik digunakan sebagai model intial dalam proses inversi data gravitasi. Data hasil inversi metode gravitasi ditransformasikan ke dalam model kecepatan dengan menggunakan persamaan Gardner dan Mooney-Christensen. Model kecepatan dari data gravitasi digunakan dalam proses Spherical Divergence dalam proses pengolahan data seismik untuk meningkatkan kualitas data, khususnya pada bagian bawah formasi basalt. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan informasi bahwa data gravitasi dapat menggambarkan posisi dari formasi basalt, dimana gravitasi sensitif terhadap kontras besar nilai densitas batuan. Pada data seismik diperoleh informasi bahwa data seismik mengalami pengaburan data pada zona bagian bawah formasi basalt, sehingga tercipta ambiguitas yang tinggi dalam proses pengidentifikasian zona batas formasi dan struktur geologi. Hasil pengintegrasian data gravitasi dengan data seismik dapat meningkatkan kualitas data dengan menunjukan batas formasi dan struktur geologi yang ada pada bagian bawah lapisan basalt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Rendah, Integrasi Data, Seismik, Sub-vulkanik Klastik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology > QE471 Sedimentary rocks. Sedimentology
Q Science > QE Geology > QE538.5 Seismic waves. Elastic waves
Q Science > QE Geology > QE538.8 Earthquakes. Seismology
Q Science > QE Geology > QE539.2.S4 Seismic models
Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport. Erosion.
Q Science > QE Geology > QE601 Geology, Structural
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Jeremy Gohitua MacArthur
Date Deposited: 25 Jun 2021 10:09
Last Modified: 25 Jun 2021 10:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55315

Actions (login required)

View Item View Item