Pemetaan Zona Amplifikasi Gempa Wilayah Surabaya Bagian Barat Berdasarkan Nilai Gelombang Geser (Vs) Menggunakan Metode Multichannel Analysis Of Surface Wave (Masw)

FATKHUR ROHMAN, MOH FANI (2018) Pemetaan Zona Amplifikasi Gempa Wilayah Surabaya Bagian Barat Berdasarkan Nilai Gelombang Geser (Vs) Menggunakan Metode Multichannel Analysis Of Surface Wave (Masw). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
03411440000030_undergraduate thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Secara geologi sebagian besar wilayah Surabaya tersusun atas endapan aluvial muda hasil endapan laut dan sungai, batulempung, batu pasir, dan sisanya merupakan perbukitan rendah yang dibentuk oleh tanah hasil pelapukan batuan yang berasal dari perbukitan rendah di Surabaya Bagian Barat. Wilayah seperti inilah yang rawan terhadap amplifikasi gelombang gempa. Ditambah adanya sesar Waru dan sesar Surabaya yang berhimpitan dengan antiklin Lidah dan Guyangan. Adanya ancaman bencana tersebut maka perlu adanya upaya mitigasi bencana gempa bumi di Surabaya Barat yang dilalui dua antiklin yang berasosiasi dengan adanya sesar antara lain melakukan pemetaaan faktor gerakan tanah berupa nilai Vs30 dan amplifikasi menggunakan metode Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW).MASW sendiri sangat cocok untuk mengidentifikasi faktor getaran pada tanah. Penelitian dengan metode MASW di Surabaya Bagian Barat dilakukan pada 23 titik yang tersebar di setiap formasi. Parameter akuisisi pada penelitian kali ini dengan panjang lintasan 102 meter, 24 receiver, 5 shot, sampling time 2 detik dan stacking 3 pukulan. Nilai Vs30 yang telah didapatkan dan dipetakan mendapatkan hasil bahwa nilai Vs30 Surabaya Bagian Barat berkisar antara 176-294 m/s dan dari perhitungan nilai amplifikasi Surabaya Bagian Barat berkisar antara 2,1-4,8. Dari penelitian didapatkan zona rawan adalah bagian Utara dengan nilai Vs30 176-188 m/s yang digolongkan sebagai tanah lunak sementara nilai amplifikasinya adalah 4,2-4,8. Meskipun nilai amplifikasinya masih berada pada zona sedang namun daerah Utara Surabaya merupakan daerah yang rawan. Nilai amplifikasi di daerah Utara penelitian adalah nilai amplifikasi relatif karena lapisan kerasnya tidak terjangkau dengan penelitian ini, sehingga beda impedansinya tidak maksimal. Sementara di daerah antiklin dan aluvium diantara antiklin berada pada kawasan yang relatif aman karena nilai Vs30 berada diatas 240 m/s dan nilai amplifikasi yang rendah yaitu dibawah 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ampilifikasi, Gempa Bumi, MASW, Surabaya Bagian Barat.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Moh Fani Fatkhur Rohman
Date Deposited: 25 Jun 2021 10:17
Last Modified: 25 Jun 2021 10:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55327

Actions (login required)

View Item View Item