Permainan Simulasi Jual - Beli Online secara Real Time dengan Pemodelan Finite State Machine

Kusuma, Sandri Ayunier (2018) Permainan Simulasi Jual - Beli Online secara Real Time dengan Pemodelan Finite State Machine. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111140000138-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111140000138-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyak pengembang permainan telah membuat permaian edukasi sebagai sarana belajar, namun untuk permainan dengan jenis simulasi, masih kurang. Sedangkan dengan adanya simulasi, kita akan lebih mendapatkan detil pembelajaran yang benar dari permainan tersebut. Maka, untuk tugas akhir ini penulis ingin membuat aplikasi permainan simulasi jual - beli online secara real time dengan pemodelan finite state machine ( FSM ).
Untuk penerapan permainan simulasi ini, digunakan pemodelan Finite State Machines (FSM). FSM adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan 3 komponen, yaitu State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi). Struktur dasar dari state machine sangat umum dan sangat banyak variasi dari implementasinya. Banyak cara untuk menerapkan FSM dalam permainan dan sangat jarang ditemukan kesamaan teknik dalam menerapkan FSM dari pengembang permainan. FSM di desain dengan sederhana, sangat cepat, dan mudah untuk di implementasikan. FSM yang optimal adalah FSM dengan sedikit jumlah state yang menampilkan fungsi sama.
Pada permainan simulasi ini FSM akan digunakan sebagai diagram model bisnis. Sedangkan Realitas Virtual (RV) atau disebut juga Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Secara singkat dapat dikatakan menampilkan lingkungan nyata dalam lingkungan maya.
Hasil dari tugas akhir ini akan berupa sebuah permainan yang dapat berjalan pada perangkat Android. Aplikasi ini dibangun dengan game engine Game Maker Studio versi 1.4.1749. Proses pembuatan Aset permainan menggunakan aplikasi Photoshop dan pembuatan model FSM menggunakan Visio 2013. Dengan pengujian blackbox, dapat disimpulkan aplikasi telah mengimplementasikan skenario dan aturan main dalam FSM.
================================================================================= Nowadays, many game developers have made education game as learning tools. But, they still lack of simulation game, whereas with simulation game we can get better learning details from the game. So, this final project proposes a simulation game of online buying and selling in real time with finite state machine modelling (FSM).
To implement this simulation game, finite state machine modelling is used. Finite state machine is a method design system control that describes the behavior or the working principle of the system by using three components, State, Event, and Action. There are many implementation and variation for the basic structure of finite state machine. There are many ways to implement FSM within a game but only few similarities between them. The design of FSM is simple, quick, and easy to implement. An optimal FSM is a FSM with small number of state that display same functions.
In this simulation game, FSM is used as business model diagram. While VR or virtual reality is a term of technology which make the user can interact with computer simulated environment.
The result of this final project is a simulation game that running in android devices. This application is built with Game Maker Studio version 1.4.1749 game engine. Asset game is built with help from Photoshop and FSM modelling with Visio 2013. Writer hope this simulation game will make user better understand with information about online buying and selling. Role play and scenario in FSM has been implemented in this application.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Simulasi, Finite State Machine, Realitas Virtual, Jual Beli Online
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sandri Ayunier Kusuma
Date Deposited: 18 Jun 2021 12:13
Last Modified: 18 Jun 2021 12:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55329

Actions (login required)

View Item View Item