Perancangan Sistem Transmisi 2WD dan 4WD serta Analisa Karakteristik Traksi pada Mobil Multiguna Pedesaan

Rifai, Mahmud (2018) Perancangan Sistem Transmisi 2WD dan 4WD serta Analisa Karakteristik Traksi pada Mobil Multiguna Pedesaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02111440000108 - Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mobil multiguna pedesaan merupakan mobil yang ditujukan untuk dapat membantu kegiatan perekonomian di daerah pedesaan, misalnya mengangkut hasil pertanian, perkebunan, mengangkut orang dan masih banyak lagi. Mobil multigina pedesaan dirancang untuk dioperasikan diwilayah pedesaan yang tentunya memiliki medan jalan lebih beragam daripada medan jalan pada umumnya. Medan jalan yang dimaksud seperti tanjakan turunan curam, jalan berbatu, jalan berpasir, jalan yang basah, jalan sempit yang banyak ditemui didaerah perbukitan, pegunungan, dan pesisir pantai. Kondisi demikian membuat Mobil Multiguna pedesaan yang telah ada tidak cukup hanya sebagai mobil yang dapat mengangkut sekaligus mengolah hasil pertanian, akan tetapi mobil akan lebih sempurna jika dirancang dapat melewati medan sulit yang ada secara optimal. Dalam penelitian ini dilakukan sebuah perancangan dan analisa sistem transmisi pada mobil multiguna pedesaan. Mobil multiguna pedesaan yang baru dirancang menggunakan engine Diesel. Perhitungan yang dilakukan meliputi dua tahap, untuk tahap perhitungan yang pertama adalah menghitung besar dari gaya hambat yang terjadi pada kendaraan diantaranya drag force, rolling resistance serta gaya hambat tanjakan, selanjutnya menghitung rasio transmisi dan tingkat transmisi yang akan digunakan pada mobil multiguna pedesaan. Selanjutnya adalah tahap analisa akan dilakukan analisa terhadap karakteristik traksi serta karakteristik power yang terjadi dari rancangan rasio transmisi tersebut. Setelah itu didapatkan parameter sistem transmisi selanjutnya dilakukan perancangan setiap komponen dari sistem transmisi Dari hasil penelitian, untuk dapat menempuh medan tanjakan maksimal dan kecepatan maksimal yang diinginkan maka rasio transmisi yang digunakan berturut-turut 8.4 , 4, 2, dan 1 untuk rasio gigi 1 sampai 4. Dengan rasio tersebut Mobil Multiguna Pedesaan akan memiliki kemampuan menanjak maksimal kemiringan jalan 30o dan kecepatan maksimal 69.2 km/jam. Penggunaan modifikasi sistem Transfer Case memungkinkan kendaraan untuk memindah daya engine untuk memutar mesin produksi lebih terintegrasi dan dapat beroperasi mode 4 Wheel Drive , sehingga spin area saat mobil melaju pada jalan yang miring atau kontur jalan buruk meningkat dan meminimalkan terjadinya slip pada roda sehingga mobil lebih handal melewati berbagai kondisi kontur jalan di pedesaan. ========================================================= Rural Multipurpose Vehicle is a vehicle aimed to help the economic activities in countryside, for example transporting agricultural, forestry, transport people and many more. The vehicle was designed to operated in countrysise teritory which surely has the terrain of the road is more diverse than the terrain of the road in general. The terrain of the road is like steep climbs, cobbled streets, sandy roads, wet streets, many narrow streets on the hills, mountains, and coastlines. These conditions create a rural multipurpose vehicle not just as a vehicle that can haul while cultivate agricultural output, but also vehicles that can be more perfect if designed to be able to pass rough roads optimally. In this research, conducted an analysis and design of transmission system on a rural multipurpose vehicle . New rural multipurpose vehicle is designed using Diesel engine. Calculation carried out two stages, first stage calculation is to calculate the large drag that occurs on the vehicle including the drag force, rolling resistance and gradient resistance, then calculate the ratio of transmission and transmission rates that will be used on a rural multipurpose vehicle. Next up is stage of analysis, is to analyze traction characteristics as well as characteristics of power that occurred from the design transmission ratio. After the parameter available the next step are design the layout and each machine element on transmission. From the research result, for the climbing performance purposed and based on desired maximum velocity the transmission system must be have ratio value 8.4, 4, 2, and 1 for each 1st until 4th gear. These ratio make rural multipurpose vehicle have the maximum capability 30o of road gradient slope and maximum speed 69.2 km/h. The use of modified transfer case system allows the vehicle to move the power engine to drive the production machine of more integrated and can switch to operate 4 Wheel Drive mode so the spin area will increased when the vehicle drives on track with slope or bad contour track and minimizing slipping on the wheels. so that the vehicle is more reliable passing through various conditions of contour road in the countryside.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya hambat, Diesel, Transmisi, Traksi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MAHMUD RIFAI
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:56
Last Modified: 28 Jun 2021 02:56
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55332

Actions (login required)

View Item View Item