Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan STabilitas Timbunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan STA 28+000 s.d STA 33+852

Rahmadhan, Ivan Dwi (2018) Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan STabilitas Timbunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan STA 28+000 s.d STA 33+852. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
03111440000053-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Jalan tol Gempol-Pasuruan merupakan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Kota Surabaya dan Kota Banyuwangi. Adanya jalan Tol Gempol-Pasuruan diharapkan akan memacu pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan yang dilaluinya. Selain kondisi topografi yang tidak rata, jalan tol Gempol-Pasuruan ini akan dibangun di atas timbunan yang memiliki ketinggian yang bervariasi dan kedalaman tanah lunak yang bervariasi, pada STA 28+000 s.d STA 34+852 diketahui memiliki tanah lunak dengan ketebalan 8 sampai 12 meter dan tinggi timbunan 3 sampai 9 meter, hal tersebut menyebabkan terjadinya kelongsoran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan tanah dasar dan perkuatan stabilitas timbunan pada pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan STA 28+000 s.d STA 33+852. Perencanaan yang ada akan menggunakan Preloading dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) sebagai perbaikan tanah dasar. Sedangkan perkuatan stabilitas yang digunakan adalah Geotextile dan micropile. Dalam perencanaannya terdapat 7 titik pengambilan data tanah yaitu STA 28+000 s.d STA 33+852 dimana timbunan yang direncanakan adalah setiap 25 meter. Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang direncanakan menggunakan pola segitiga pada seluruh STA dengan kedalaman sedalam kedalaman tanah lunak dengan menggunakan spesifikasi CT D812. Geotextile yang direncanakan menggunakan spesifikasi kuat tarik 52 kNm pada seluruh STA dan micropile menggunakan spesifikasi D300 fc’ 52 dengan momen crack 4 tm dan D500 dengan momen crack 17tm. Dari hasil perencanaan didapatkan grafik antara STA dan kebutuhan perkuatan timbunan, dimana PVD pada seluruh kedalaman tanah lunak digunakan sebagai perbaikan tanah pada semua lokasi tinjauan dalam tugas akhir ini. Untuk timbunan yang memiliki tinggi timbunan diatas 7 meter seperti pada STA 30+000 sampai dengan STA 32+000 membutuhkan kebutuhan geotextile yang cukup banyak sehingga disarankan menggunakan perkuatan micropile. Grafik kebutuhan perkuatan geotextile dan micropile nantinya dapat digunakan untuk pelaksana pembangunan jalan tol untuk memilih perkuatan mana yang paling optimum untuk digunakan, atau memilih perkuatan kombinasi antara geotextile dengan micropile. ===========================================================================Gempol-Pasuruan toll road is a Trans Java toll road connecting Surabaya City and Banyuwangi City. The existence of Gempol-Pasuruan Toll Road is expected to spur economic growth around the area in its path. In addition to the uneven topographic conditions, the Gempol-Pasuruan toll road will be built on heaps that have varying and efficient heights, which at STA 28 + 000 sd STA 34 + 852 has land with 8 to 12 meters and high heap 3 up to 9 meters, it is necessary to repair and reinforce the stability of the pile on the construction of Gempol-Pasuruan toll road STA 28 + 000 to STA 33 + 852. The design will using Preloading and Prefabricated Vertical Drain (PVD) as subgrade improvement. The reinforcement stability will using Geotextile and micropile. 7 Stasioning points (STA) are needed in the planning, STA 28 + 000 to STA 34 + 000 where the embankment is planned in every 25 meters. Each STA reviewed represents the subgrade around. The planned Prefabricated Vertical Drain (PVD) is to use the triangle pattern in all STAs within the soft soil depth using CT D812 specification. Geotextile is planned using UW-250 specification on all STA and micropile using D300 fc '52 specification with 4tm of crack moment and D500 with 17tm of crack moment. The study obtained a graph between the STA and reinforcement needs, where each embankment is using PVD in the full depth. The embankment with more than 7 meters as in STA 30 + 000 to STA 32 + 000 require a lot of geotextile needs so it is recommended to use the micropile reinforcement. The graph of need for geotextile and micropile reinforcement can then be used to execute the toll road construction to select which of the most optimum reinforcement to use, or to choose a reinforcement combination between geotextile and micropile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Tanah Dasar, Preloading, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Micropile, Tol Gempol-Pasuruan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ivan Dwi Rahmadhan
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:38
Last Modified: 09 Jul 2021 09:38
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55439

Actions (login required)

View Item View Item