Perumusan Strategi Pengembangan Unit Usaha Penunjang BPPU ITS

Abiyyu, Muhammad Castor (2018) Perumusan Strategi Pengembangan Unit Usaha Penunjang BPPU ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000130 - Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440000130 - Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember resmi ditetapkan sebagai PTN-BH pada 17 Oktober 2014. Perubahan status tersebut ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No 83 Tahun 2014 yang tercantum dalam surat Dirjen Dikti Nomor 299/E.EI/OT/2014. Penyelenggaraan ITS sebagai PTN-BH memberikan ruang gerak lebih dalam mengelola sumber pendanaan.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2015, ITS memiliki sumber pendanaan yang meliputi pemerintah, masyarakat, biaya pendidikan, pengelolaan dana abadi, usaha ITS, kerjasama tridharma perguruan tinggi, pengelolaan kekayaan ITS, anggaran dan belanja daerah, dan/atau pinjaman. Selain itu, pendapatan yang didapatkan oleh ITS termasuk dalam PNBP, dimana ITS memiliki potensi untuk mengembangkan fasilitas pelayanan dan meningkatkan performansi kinerja Unit Usaha Penunjang yang dimiliki. Walaupun pembiayaan kampus yang meningkat tiap tahunnya, subsidi dana oleh pemerintah kepada PTN BH semakin berkurang. Hal tersebut dapat diketahui dari postur anggaran Kementrian Ristet Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dimana anggaran PNBP yang mengalami penurunan setiap tahunnya. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan perumusan strategi unit usaha penunjang ITS untuk meningkatkan pendapatan usaha.
Berdasarkan hasil pengolahan key internal dan key external factor pada IE Matrix dan SWOT Matrix, didapatkan posisi strategi dan strategi spesifik untuk setiap unit usaha penunjang dan didapatkan peningkatan nilai pada UPT Asrama sebesar 34%, UPT Bahasa dan Budaya sebesar 22%, dan UPT Fasilitas Olahraga sebesar 39%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategic Management, SWOT, IE Matrix, Business Valuation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
H Social Sciences > HG Finance > HG4529 Investment analysis
H Social Sciences > HG Finance > HG4910 Investments
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Castor Abiyyu
Date Deposited: 18 Jun 2021 11:34
Last Modified: 18 Jun 2021 11:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55494

Actions (login required)

View Item View Item