Analisa Fluida Pada Elbow Pipa Akibat Penambahan Vortex Generator Berdasarkan Perbedaan Parameter D/Re (Diameter/Reynold)

Ridha, Ahmad (2018) Analisa Fluida Pada Elbow Pipa Akibat Penambahan Vortex Generator Berdasarkan Perbedaan Parameter D/Re (Diameter/Reynold). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211645000012-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211645000012-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan sistem perpipaan cenderung semakin meningkat sebagai media transportasi pemindahan fluida pada kapal. Dalam sistem perpipaan ini kebanyakan jenis bahan pipa yang digunakan adalah jenis logam. Namun pada logam rentan terkena korosi yang dapat menyebabkan kegagalan atau kerusakan sistem perpipaan, salah satunya adalah korosi erosi. Korosi erosi merupakan salah satu kerusakan yang sering terjadi sistem perpipaan akibat adanya pergerakan relative fluida korosif dengan permukaan logam.Kecepatan fluida yang relative tinggi dan menggandung partikel akan menyebabkan erosi dan kecepatan fluida yang relative lambat akan menimbulkan korosi.hanya pada kecepatan tertentu korosi erosi dapat terjadi.Dalam penelitian ini melakukan pemecahalan masalah dengan penambahan vortex generator atau sistem pengacau aliran yang di pasang di dalam instalasi pipa menggunakan simulasi CFD dam mensimulasikan nya dan hasil yang diperoleh bahwa kerusakan pada pipa elbow di akibatkan oleh kecepatan aliran yang tinggi yang membentur bagian outer elbow dan terbukti mengurangi kecepatan aliran berlebih pada bagian terdampak erosi.Dari hasil penelitian peletakan vortex generator yang lebih bagus jika di tempatkan pada jarak 0.1 R dari inlet elbow atau 375 mm dari inlet pipa.
=========================================================================================================
The requirement for piping systems tends to increase as a transport medium for fluid displacement on ships. In this piping system, most types of pipe materials used are metal types. However, in susceptible corrosion-resistant metals that can cause failure or damage to the piping system, one of them is erosion corrosion. Corrosion erosion is one of the most frequent damage to the piping system due to the relative movement of corrosive liquids to metal surfaces. The relatively high fluid velocity and holding of particles will cause the erosion and the relatively slow fluid velocity will cause corrosion. Only at certain speeds of erosion corrosion can occur. In this research the problem solving with the addition of vortex generator or jamming flow system is mounted on the installation of the pipe using CFD simulation and simulate it and the result is found that the damage to the elbow pipe is caused by the high flow rate that hit the outside elbow and proven to reduce the excessive flow rate in the affected by erosion. From the results of studies of a better vortex polisher when found at a distance of 0.1 R from an elbow inlet or 375 mm from the inlet pipe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.873 Rid a-1 3100018077998
Uncontrolled Keywords: System Erosion corrotion,Vortex Generator,Compuattional Fluid Dynamic(CFD)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ935 Pipe--Fluid dynamics. Tubes--Fluid dynamics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL507.G77 Vortex generators.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Ridha
Date Deposited: 14 Oct 2020 05:25
Last Modified: 14 Oct 2020 05:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55519

Actions (login required)

View Item View Item